Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:10 WIB | Jumat, 06 September 2024

Perekonomian China Melambat, Tapi Angka Obesitas Melonjak

Seorang pereempuan berjalan keluar dari restoran rantai makanan cepat saji China Real Kungfu di Stasiun Kereta Api Beijing, di Beijing, China, 27 Desember 2019. (Foto: dok.Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Seiring dengan semakin sedikitnya pembangunan rumah dan jembatan di China, konsumennya membeli makanan yang lebih murah dan kurang sehat, dan seiring dengan semakin banyaknya pabrik dan pertanian yang berinvestasi dalam otomatisasi, tantangan fiskal baru pun muncul: angka obesitas di negara itu mungkin tumbuh jauh lebih cepat dan menambah biaya perawatan kesehatan.

Stres pekerjaan, jam kerja yang panjang, dan pola makan yang buruk menjadi faktor risiko yang semakin tinggi di kota-kota, sementara di daerah pedesaan, pekerjaan pertanian menjadi kurang menuntut secara fisik dan perawatan kesehatan yang tidak memadai menyebabkan buruknya pemeriksaan dan penanganan masalah berat badan, kata para dokter dan akademisi.

China menghadapi tantangan ganda yang memperparah masalah berat badannya: dalam ekonomi yang semakin modern yang didukung oleh inovasi teknologi, semakin banyak pekerjaan yang statis atau terbatas di meja kerja, sementara perlambatan pertumbuhan yang berkepanjangan memaksa orang untuk menerapkan pola makan yang lebih murah dan tidak sehat.

Dengan perumahan dan infrastruktur yang sudah melimpah, misalnya, jutaan pekerja telah beralih dari pekerjaan konstruksi dan manufaktur ke pekerjaan sebagai pengemudi untuk perusahaan angkutan atau pengiriman barang dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam lingkungan deflasi, konsumen lebih memilih makanan yang lebih murah, yang bisa jadi tidak sehat. Orang tua mengurangi kelas renang atau olah raga lainnya. Pasar makanan cepat saji China diperkirakan mencapai 1,8 triliun yuan (US$253,85 miliar) pada tahun 2025, dari 892 miliar yuan pada tahun 2017, menurut Daxue Consulting.

“Kemerosotan ekonomi sering kali menyebabkan perubahan gaya hidup masyarakat,” kata Yanzhong Huang, peneliti senior untuk kesehatan global di Council on Foreign Relations. “Kebiasaan makan mungkin menjadi tidak teratur, dan aktivitas sosial mungkin berkurang.”

“Perubahan dalam rutinitas harian ini dapat menyebabkan peningkatan kejadian obesitas, dan akibatnya, diabetes,” katanya, seraya menambahkan bahwa ia memperkirakan tingkat obesitas akan terus “meningkat secara eksponensial, membebani sistem perawatan kesehatan.”

Pada bulan Juli, Guo Yanhong, seorang pejabat senior Komisi Kesehatan Nasional (NHC), mengatakan bahwa orang yang mengalami obesitas dan kelebihan berat badan menimbulkan "masalah kesehatan masyarakat yang besar."

NHC tidak segera menanggapi permintaan komentar. Xinhua, kantor berita resmi China melaporkan pada bulan yang sama bahwa lebih dari separuh orang dewasa di negara itu mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, lebih tinggi dari perkiraan 37 persen yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebuah studi oleh BMC Public Health memperkirakan bahwa biaya perawatan terkait berat badan diperkirakan akan naik hingga 22 persen dari anggaran kesehatan, atau 418 miliar yuan pada tahun 2030, dari 8 persen pada tahun 2022.

Perkiraan tersebut "konservatif" dan tidak memperhitungkan kenaikan biaya perawatan kesehatan, katanya. Itu akan menambah beban lebih lanjut pada pemerintah daerah yang terlilit utang dan mengurangi kemampuan China untuk mengarahkan sumber daya ke area yang lebih produktif untuk merangsang pertumbuhan.

Kampanye kesadaran NHC China dan 15 departemen pemerintah lainnya pada bulan Juli meluncurkan upaya kesadaran publik untuk memerangi obesitas. Kampanye yang akan berlangsung selama tiga tahun ini dibangun berdasarkan delapan slogan: “komitmen seumur hidup, pemantauan aktif, diet seimbang, aktivitas fisik, tidur yang cukup, target yang wajar, dan tindakan keluarga.”

Pedoman kesehatan didistribusikan ke sekolah dasar dan menengah pada bulan Juli yang mendesak pemeriksaan rutin, olah raga setiap hari, mempekerjakan ahli gizi, dan menerapkan kebiasaan makan sehat – termasuk mengurangi garam, minyak, dan gula.

WHO mendefinisikan orang yang kelebihan berat badan sebagai seseorang dengan indeks massa tubuh (IMT) 25 atau lebih tinggi, sedangkan ambang batas IMT untuk obesitas adalah 30.

Hanya delapan persen orang China yang dianggap obesitas, lebih tinggi dari negara tetangga Jepang dan Korea Selatan, tetapi jauh lebih rendah dari tingkat 42 persen di Amerika Serikat, menurut data WHO.

Hal itu sebagian karena ini merupakan masalah yang relatif baru di China, yang telah mengalami kelaparan yang meluas hingga tahun 1960-an.

“China telah mengalami transisi epidemiologi di mana penyakit yang terkait dengan kekurangan gizi telah berubah menjadi peningkatan jumlah orang dengan pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak,” kata Christina Meyer, analis kebijakan kesehatan di RTI International di Seattle.

Faktor Struktural

Ketika konsumen dan pekerja beradaptasi dengan perubahan struktural dalam ekonomi yang mengalami urbanisasi dengan cepat dalam dekade mendatang, banyak orang China yang kelebihan berat badan dapat melewati ambang obesitas, kata dokter.

“Kemerosotan ekonomi di China dapat menyebabkan peningkatan konsumsi makanan berkualitas rendah, seperti makanan cepat saji, karena penurunan pendapatan,” kata Jun Sung Kim, seorang ekonom di Universitas Sungkyunkwan di Korea Selatan.

“Hal ini, pada gilirannya, dapat berkontribusi terhadap obesitas.”

Upaya baru China untuk meningkatkan tingkat urbanisasi menjadi perhatian khusus mengingat budaya “996”-nya yang bekerja shift 12 jam, enam hari sepekan.

Pui Kie Su, dokter umum di Rumah Sakit Raffles Beijing mengatakan beberapa pasien melaporkan makan untuk “menghilangkan stres” dari pekerjaan.

Proporsi anak laki-laki yang mengalami obesitas di China melonjak menjadi 15,2 persen pada tahun 2022 dari 1,3 persen pada tahun 1990, lebih rendah dari Amerika Serikat yang sebesar 22 persen, tetapi lebih tinggi dari Jepang yang sebesar enam persen, Inggris dan Kanada yang sebesar 12 persen, dan India yang sebesar empat persen. Obesitas pada anak perempuan meningkat menjadi 7,7 persen pada tahun 2022 dari 0,6 persen pada tahun 1990.

Banyak siswa membeli makanan ringan di sekitar gerbang sekolah atau dalam perjalanan pulang yang biasanya mengandung banyak garam, gula, dan minyak, kata Li Duo, kepala profesor nutrisi di Universitas Qingdao.

Li menambahkan bahwa pemerintah harus "berkomunikasi lebih lanjut" dengan perusahaan makanan, sekolah, masyarakat, dan pengecer tentang risiko obesitas yang disebabkan oleh makanan ringan atau minuman manis.

"China harus melarang penjualan makanan ringan dan minuman manis di sekolah, dan tidak boleh ada toko yang menjual makanan ringan dalam jarak tertentu di sekitar sekolah." (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home