Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 20:10 WIB | Rabu, 18 Desember 2013

Peringatan Seabad S Sudjojono, Memburu Lukisan yang Hilang

Peringatan Seabad S Sudjojono, Memburu Lukisan yang Hilang
Kinderen Met Kat ini adalah repro karya S. Sudjojono. Lukisan aslinya belum diketahu. (Foto-foto: Ignatius Dwiana)
Peringatan Seabad S Sudjojono, Memburu Lukisan yang Hilang
Aktris Jajang C. Noer membacakan surat S.Sudjojono.
Peringatan Seabad S Sudjojono, Memburu Lukisan yang Hilang
Rose Pandanwangi melantunkan sejumlah lagu.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sudjojono Center dan Tugu Kunstkring Paleis mengadakan peringatan seabad Bapak Seni Rupa Modern Indonesia S Sudjojono di Tugu Kunstkring Paleis Jakarta pada Sabtu (14/12). Peringatan itu diisi dengan resital yang mengiringi Rose Pandanwangi melantunkan sejumlah lagu. Selain itu dibacakan pula sejumlah surat S Sudjojono kepada Rose Pandanwangi. Surat-surat itu dibacakan sastrawan Joseph Ginting dan aktris Jajang C Noer bergantian.

Acara peringatan yang bersifat personal viewing itu juga memberitahu khalayak dalam membantu mencari Kinderen Met Kat, karya S Sudjojono yang hilang. Kinderen Met Kat adalah karya S Sudjojono yang dipamerkan Bataviasche Kunstkring (sekarang bernama Tugu Kunstkring Paleis) sekitar tahun 1935.

Kinderen Met Kat yang meraih penghargaan itu diselimuti misteri pada masa perang kemerdekaan Indonesia yang berjuang melawan kolonialisme Belanda.

Sudjojono Center selama bertahun-tahun mencari setiap petunjuk yang mengarah kepada kemungkinan ditemukannya Kinderen Met Kat. Tetapi, hingga hari ini masih juga belum ada petunjuk. Sudjojono Center tidak berusaha untuk meminta karya seni itu, tetapi hanya ingin memotret lukisan aslinya untuk arsip kehidupan dan karya-karya seni S Sudjojono. 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home