Loading...
TOPIK PILIHAN
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 12:45 WIB | Rabu, 14 Agustus 2024

Perjalanan Pasti Menuju Pramuka Penegak Garuda

Perjalanan Pasti Menuju Pramuka Penegak Garuda
Patricia Joanna Chrisdwianto, Pramuka Penegak Garuda dari Pangkalan SMAK 3 PENABUR (Foto:BPKPJakarta)
Perjalanan Pasti Menuju Pramuka Penegak Garuda
Kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) di Pangkalan SMAK 3 PENABUR (Foto:BPKPJakarta)
Perjalanan Pasti Menuju Pramuka Penegak Garuda
Aktivitas Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) di Pangkalan SMAK 3 PENABUR (Foto:BPKPJakarta)
Perjalanan Pasti Menuju Pramuka Penegak Garuda
Pelantikan Patricia Sebagai Pramuka Penegak Garuda (Foto:BPKPJakarta)
Perjalanan Pasti Menuju Pramuka Penegak Garuda
Kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) di Pangkalan SMAK 3 PENABUR (Foto:BPKPJakarta)

Jakarta, SatuHarapan.com, Ketika Patricia Joanna Chrisdwianto pertama kali menapakkan kaki di SMAK 3 PENABUR, pandangannya tertuju pada barisan kakak kelas yang rapi, mengenakan seragam pramuka berwarna coklat tua dan muda. Pemandangan ini menimbulkan rasa penasaran yang kuat dalam dirinya untuk mengenakan seragam tersebut lengkap dengan atribut-atributnya.

Namun, ketertarikan Patricia tidak berhenti hanya pada keinginan untuk mengenakan seragam. Patricia bertekad untuk menjadi bagian dari pramuka dan aktif dalam berbagai kegiatan kepramukaan di SMAK 3 PENABUR. "Ekstrakurikuler pramuka mengajarkanku banyak ilmu baru yang tidak didapatkan di kelas. Kemampuan soft skills ku diasah, seperti kemampuan sosial, kepemimpinan, manajemen waktu, dan meningkatkan rasa percaya diri," ungkap Patricia.

Selama tiga tahun bergabung dengan pangkalan SMAK 3 PENABUR, Patricia semakin mencintai pramuka. Dia merasa nyaman dan menemukan keluarga baru. Berkat dedikasinya, Patricia dipercaya menjadi Dewan Ambalan. Puncaknya, pada 1 Juni 2024, Patricia berhasil dilantik sebagai Pramuka Penegak Garuda, tingkatan tertinggi dalam pramuka. Dengan pencapaian ini, Patricia mencatatkan diri sebagai Pramuka Penegak Garuda pertama di BPK PENABUR Jakarta. "Perjalanan mengikuti penilaian Garuda hingga pelantikan tentunya tidak singkat," tutur Patricia.

Patricia menyadari bahwa keberhasilannya bukanlah hasil perjuangan seorang diri. Selain dukungan penuh dari keluarga, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), Kepala Sekolah, dan kakak pembina yang merupakan para guru SMAK 3 PENABUR, setia mendukung setiap langkahnya. "Tidak hanya semangat, mereka sungguh-sungguh membimbingku saat menghadapi pilihan yang sulit. Dukungan dari teman-teman Dewan Ambalan dan sahabat juga semakin membuatku bersemangat mengejar Pramuka Garuda," ungkap Patricia.

Merayakan 63 Tahun Pramuka Indonesia

Sejak 1923, pramuka telah menjadi organisasi nonformal yang menyelenggarakan kepanduan di Indonesia. Secara resmi diperkenalkan ke masyarakat luas pada 14 Agustus 1961, lewat upacara di Istana Negara. Pada tahun 2024, pramuka memasuki usia ke-63 dengan tema "Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI." Tema ini diharapkan mampu membangun citra positif pramuka yang selalu berjiwa Pancasila dan turut menjaga NKRI.

"Tema tersebut menyadarkan kita bahwa Pancasila adalah ideologi dan pedoman dasar seluruh warga Indonesia, yang membuat kita menjaga negara tercinta ini di tengah berbagai isu yang ada. Sebagai seorang Penegak, 'Berjiwa Pancasila' dapat diaplikasikan dalam kegiatan sederhana sesuai sila-sila yang ada. Misalnya, menyapa satu sama lain dengan senyuman, itu sudah menunjukkan sikap menghargai dan menghormati sesama sesuai Pancasila," jelas Patricia.

Patricia berharap pramuka dapat terus menjadi ekstrakurikuler wajib di PENABUR, karena merupakan kegiatan yang seru dan menambah banyak ilmu baru yang tidak didapatkan di kelas. "Jika ada teman-teman yang bilang kalau 'Pramuka itu kotor dan melelahkan,' 'Pramuka itu panas-panasan,' 'Pramuka itu buat apa sih?', tandanya mereka belum mengenal pramuka dengan baik. Kotor sekali bukan berarti kotor selamanya bukan? Selamat merayakan Hari Pramuka BPK PENABUR Jakarta," ucap Patricia dengan penuh semangat.

Salam Pramuka!

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home