Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:12 WIB | Kamis, 27 Juni 2024

Perubahan iklim Membuat Musim Hujan di India Tidak Menentu

Para petani masih berusaha untuk menemukan cara untuk mencapai kesejahteraan.
Pekerja pertanian India menanam bibit padi di ladang setelah hujan monsun di pinggiran Lucknow, India, 30 Juni 2021. (Foto: dok. AP/Rajesh Kumar Singh)

BENGALURU-INDIA, SATUHARAPAN.COM-Setiap tahun dari bulan Juni hingga September, curah hujan lebat mengalir dari pantai barat daya India hingga perbatasan timur lautnya, memuaskan dahaga para petani di ladang.

Musim hujan di India bisa dibilang merupakan satu-satunya fenomena cuaca yang paling penting bagi negara tersebut, dan musim hujan yang baik dapat meningkatkan perekonomian negara tersebut dan penghidupan 120 juta petani di India.

Namun perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia membuat curah hujan semakin tidak menentu, sehingga menyulitkan petani untuk menanam, bercocok tanam, dan memanen tanaman di lahan tadah hujan.

“Entah hujan turun terlalu deras dalam waktu singkat atau tidak turun hujan sama sekali,” kata Vijay Jawandhia, seorang petani berusia 77 tahun di negara bagian Maharashtra bagian barat.

Jawandhia menanam kapas, kacang kedelai dan berbagai tanaman lainnya yang memerlukan iklim yang relatif sejuk dan pengairan yang konstan selama beberapa pekan pertama setelah tanam. “Kami menanam benih kapas setelah diperkirakan akan terjadi musim hujan yang baik, namun hujan hanya turun dua hari dan berhenti setelahnya, jadi sekarang kami khawatir panen kami akan gagal lagi.”

Departemen Meteorologi India telah memperkirakan curah hujan yang baik dari awan monsun awal tahun ini, namun panas ekstrem di India utara menghambat laju hujan tersebut. Badan tersebut merevisi prediksinya pada bulan Juni, dengan mengatakan curah hujan tahun ini akan lebih sedikit dari perkiraan sebelumnya.

Banyak orang mencari cara untuk beradaptasi dengan kenyataan baru yang tidak dapat diprediksi ini. Para ahli menyarankan menanam tanaman yang membutuhkan lebih sedikit air, metode prakiraan cuaca yang lebih baik dan lebih terlokalisasi, serta perlindungan terhadap cuaca yang tidak terduga. Namun mengubah cara merawat lahan yang sudah berabad-abad lamanya bukanlah tugas yang mudah.

Bagaimana perubahan iklim mempengaruhi musim hujan?

India biasanya mempunyai dua musim hujan: satu pada bulan Juni hingga September bergerak dari barat daya ke timur laut, dan satu lagi pada bulan Oktober hingga Desember dengan arah berlawanan.

Namun dengan semakin banyaknya gas yang menyebabkan pemanasan global di udara, hujan kini hanya mengikuti pola ini. Hal ini karena udara yang lebih hangat dapat menampung lebih banyak uap air dari Samudera Hindia, dan hujan kemudian turun sekaligus. Artinya musim hujan diselingi dengan banjir besar dan musim kemarau, bukan hujan yang terus-menerus.

“Saat ini hujan turun deras,” kata Madhavan Rajeevan, pensiunan pejabat senior di Kementerian Ilmu Pengetahuan Bumi India. Rajeevan telah melacak musim hujan selama beberapa dekade, dan menyadari “jumlah hari hujan menurun meskipun jumlah total curah hujan musiman tetap sama selama sekitar satu abad terakhir.”

Tanah longsor dan banjir semakin meningkat, katanya, bersamaan dengan suhu tinggi dan periode kekeringan yang lebih lama yang menambah kesengsaraan para petani.

Banjir juga dapat mengakibatkan kematian dan kerugian ekonomi, seperti ratusan orang tewas dan kerugian lebih dari US$1,42 miliar di Himachal Pradesh pada tahun 2023 karena hujan lebat di musim hujan.

Rajeevan menambahkan bahwa sumber daya pembangkit listrik tenaga air yang menghasilkan listrik dalam jumlah besar juga dibangun dengan mempertimbangkan curah hujan yang berkelanjutan, dan hujan ekstrem serta banjir dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti peningkatan kasus tipus, kolera, dan malaria.

Apa Dampaknya Ini bagi Petani?

Hujan yang tidak menentu merupakan pukulan telak bagi penghidupan mereka.

Maharashtra telah menyaksikan ribuan petani meninggal karena bunuh diri yang menurut banyak orang disebabkan oleh utang terkait pertanian. “Wilayah kami menjadi terkenal karena hal ini,” kata Jawandhia, sang petani.

Para petani di wilayah yang secara tradisional kaya akan sumber daya alam, seperti Punjab dan Haryana di India bagian utara, juga mengatakan bahwa mereka terkena dampak buruk dari berkurangnya hari hujan dan terlalu banyak hujan saat hujan turun.

Tezveer Singh, seorang petani di kota Ambala di Haryana mengingat bagaimana “seluruh kota dan ladang terendam banjir, ratusan ternak mati karena tenggelam dan tiga orang kehilangan nyawa” di sana pada banjir tahun lalu.

Singh menanam padi, kentang, dan tebu di lahan pertaniannya seluas 20 hektare dan mengatakan diperlukan perubahan kebijakan yang mendesak untuk menghentikan kerusakan akibat banjir.

Ia menyarankan agar para pejabat dapat “memberikan kompensasi atas kerugian yang kita alami bila diperlukan, menyediakan benih yang tahan iklim, membuat rantai pasokan hasil pertanian menjadi lebih efisien, dan menaikkan harga minimum hasil panen.”

“Iklim menjadi sulit dan kita perlu beradaptasi,” katanya.

Bagaimana Mereka Dapat Beradaptasi?

Badan cuaca India membuat prediksi hujan monsun di tingkat negara bagian untuk seluruh negara, namun para ahli iklim mengatakan perkiraan tersebut perlu lebih bersifat lokal agar dapat bermanfaat bagi petani.

Vishwas Chitale, yang memimpin tim ketahanan iklim di Dewan Energi, Lingkungan dan Air yang berbasis di New Delhi, mengatakan membuat prediksi cuaca lokal dan mengubah waktu tanam petani dapat membantu.

Di banyak tempat di India, “saat ini curah hujan maksimum terjadi pada bulan Oktober dan bukan pada bulan Juni dan Juli seperti dulu,” kata Chitale, yang juga ikut menulis laporan tahun 2024 yang mengamati perubahan pola monsun di India. “Hal ini mengakibatkan banyak tanaman yang menunggu panen menjadi rusak.”

Dia menambahkan bahwa penting untuk menyediakan perkiraan yang lebih baik untuk semua orang di seluruh negeri yang membutuhkannya.

Beberapa petani sudah beradaptasi dengan dunia yang lebih hangat. Di negara bagian Kerala bagian selatan, kelompok pertanian organik mulai mengubah cara mereka menanam dan memanen tanaman berdasarkan pola hujan yang berubah-ubah. Kolektif petani juga telah menyusun kalender pertanian yang memperhitungkan perubahan iklim yang mereka bagikan dengan petani lokal lainnya.

“Kesiapsiagaan ini membantu para petani,” kata Rajesh Krishnan, seorang petani padi yang merupakan bagian dari kolektif yang bekerja dengan pejabat cuaca setempat dalam prakiraan cuaca. Krishnan mengatakan perkiraan harian dan mingguan mereka memiliki akurasi setidaknya 70%. “Ini membantu mengurangi kerugian dan juga mendapatkan hasil panen yang lebih baik. Prakiraan ini juga membantu kami memutuskan kapan akan memanen hasil panen kami,” katanya.

Pakar iklim seperti Rajeevan mengatakan model kolektif ini perlu direplikasi di seluruh negeri agar petani dapat bekerja menghadapi perubahan musim hujan. Bagaimanapun, katanya, “musim hujan adalah bagian dari budaya kita. Kita tidak bisa membayangkan India tanpa musim hujan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home