Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 15:25 WIB | Selasa, 07 April 2015

Pesawat TNI Berhasil Evakuasi 300 WNI dari Jizan

Pesawat TNI Berhasil Evakuasi 300 WNI dari Jizan
Pesawat TNI AU Boeing 737-400 berhasil mengevakuasi 110 warga Negara Indonesia yang berada di Jizan, Arab Saudi, menuju Muskat, Oman. (Foto-foto: Puspen TNI)
Pesawat TNI Berhasil Evakuasi 300 WNI dari Jizan
Pesawat TNI jenis Boeing 737-400 A-7305 dari Skadron Udara 17 yang tergabung dalam misi Percepatan Evakuasi Warga Negara Indonesia di Yaman.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  –  Pesawat TNI jenis Boeing 737-400 A-7305 dari Skadron Udara 17 yang tergabung dalam misi Percepatan Evakuasi Warga Negara Indonesia di Yaman, sampai saat ini telah berhasil mengevakuasi 300 warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Jizan, Arab Saudi, menuju Muskat dan Salalah, Oman.

Para WNI yang sebagian besar terdiri atas mahasiswa dan beberapa pramugari serta TKI telah meninggalkan daerah konflik di Sana’a, Yaman, dan berhasil dievakuasi melalui jalan darat melalui Al Hudaidah oleh Tim Advance, menuju Jizan, Arab Saudi, untuk diteruskan menuju Muskat dan Salalah.

Sebelumnya, pada Minggu (5/4), pesawat TNI AU Boeing 737-400 telah berhasil mengevakuasi 110 warga Negara Indonesia yang berada di Jizan, menuju Muskat, Oman, dengan selamat walaupun harus terbang lebih lama 45 menit dari jadwal semula dikarenakan flight clearance dari otoritas Arab Saudi yang mengharuskan mengubah rute penerbangan.

Satu hari sebelumnya, pada Sabtu, 4 April 2015, pesawat TNI AU Boeing 737-400 juga telah berhasil mengevakuasi 110 warga Negara Indonesia yang berada di Jizan, untuk diterbangkan menuju Bandara Muskat, dan telah diterbangkan menuju daerah asal masing-masing di Indonesia menggunakan pesawat komersial.

Sedangkan pada Senin (6/4), pesawat TNI AU Boeing 737-400 berhasil mengevakuasi 80 warga Negara Indonesia yang berada di Jizan, menuju Salalah, Oman, dan akan segera diterbangkan ke Tanah Air dengan penerbangan komersial sampai tujuan di daerah masing-masing.

Warga Negara Indonesia yang dibawa dari Jizan ke Salalah, transit satu hari di Salalah untuk menunggu jadwal penerbangan ke Tanah Air. Turut dalam penerbangan tersebut Duta Besar RI untuk Yaman Wazid Fauzy beserta staf KBRI.

Tim satgas penyelamatan untuk pengangkutan WNI yang berjumlah 22 personel tersebut, terdiri atas 12 kru pesawat, 4 orang dari Satuan Bravo Paskhas, 2 orang Penerangan, 3 dari Kemenlu, dan 1 Supervisi dari Mabes TNI, dipimpin Letkol Penerbang IG Putu Setia Dharma. Selanjutnya, Tim Satgas Percepatan Evakuasi Warga Negara Indonesia di Yaman kembali ke Salalah, guna melakukan konsolidasi untuk misi berikut. (Puspen TNI)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home