Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:39 WIB | Sabtu, 19 Desember 2015

PLN Tambah Transmisi Perkuat Pasokan Listrik Jakarta

PLN telah merampungkan pekerjaan proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi ( SUTT ) di Gandul-Serpong sebanyak 50 tower. (Foto: PLN)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah merampungkan pekerjaan proyek  Saluran Udara Tegangan Tinggi ( SUTT ) di Gandul-Serpong sebanyak 50 tower guna memperkuat pasokan Listrik Jakarta dan sekitarnya.

Menurut General Manager (GM) PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa Bali, E. Haryadi, SUTT itu sepanjang  17,18 kilo meter sirkit (kms), yang merupakan bagian dari subsistem kelistrikan Gandul-Muara Karang. Jaringan ini akan memasok listrik untuk wilayah Jakarta Selatan, Bintaro, Bogor Utara, Tangerang Selatan serta memperkuat subsistem Gandul- Muara Karang. 

“Subsistem ini menyangga kebutuhan listrik sebesar 1.800 Mega Watt (beban puncak pada siang hari). Sementara beban puncak Jakarta pada siang hari sekitar 6.900 MW,” kata E. Haryadi sebagaimana dikutip situs esdm.go.id, hari Sabtu (19/12)

Sebelumnya, proses energize atau uji coba tegangan pada kedua sirkit jaringan transmisi dilakukan pada hari Rabu (16/12) pukul 21.00 WIB. Dengan energize, kata dia, kedua sirkit praktis SUTT Gandul-Serpong ini bisa beroperasi sempurna dan siap mengalirkan listrik ke pelanggan.

“Sesuai jadwal, kami telah melakukan proses energize, disamping itu team kami juga terus melakukan pengawasan terhadap SUTT Gandul-Serpong. Hal ini demi memastikan transmisi berjalan dengan baik,” katanya.

Lebih lanjutm Haryadi mengatakan, pembangunan tower SUTT Gandul- Serpong ini sangat dibutuhkan, mengingat kebutuhan listrik di Jabodetabek yang semakin meningkat. Dengan berfungsinya SUTT Gandul- Serpong otomatis Subsistem Gandul-Muara Karang akan semakin handal.

“ SUTT ini sangat diperlukan agar  daya mampu dari sistem interkoneksi Jawa Bali bisa tersalurkan dengan baik ke para pelanggan, mengingat tingginya angka permintaan daya listrik di daerah ini” katanya.

Menurut Haryadi, SUTT Gandul-Serpong akan dilewati listrik 150 kilo Volt (kV). Secara langsung transmisi ini akan meningkatkan keandalan suplai ke Gardu Induk Petukangan yang sebelumnya hanya di dukung oleh sistem Gandul-Petukangan. “Saat ini bertambah menjadi Gandul -Serpong - Petukangan,” katanya.

Sementara itu dalam waktu yang bersamaan PLN juga sedang meningkatkan tambahan suplai ke Subsistem Gandul melalui proyek penambahan IBT (Interbus Trafo) 500/150 kV 500 MVA yang diharapkan bisa beroperasi pada akhir tahun 2016. 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home