Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:33 WIB | Selasa, 19 September 2023

Polandia Berlakukan Larangan Masuk Semua Mobil Penumpang Rusia

Negara-negara Baltik, termasuk Lithuania, Latvia dan Estonia juga melarang masuk kendaraan dengan nomor Federasi Rusia.
Antrean mobil menuju Polandia di titik perlintasan perbatasan Krakovets - Korcheva di Krakovets, Ukraina, Selasa, 16 Agustus 2022. Polandia mulai memberlakukan larangan masuk terhadap semua mobil penumpang berregistrasi Rusia yang ingin memasuki negara tersebut. Langkah ini dilakukan hanya beberapa hari setelah negara-negara Baltik seperti Lithuania, Latvia dan Estonia melarang kendaraan dengan plat nomor Rusia memasuki wilayah mereka. (Foto: dok. AP)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Polandia mulai memberlakukan larangan Uni Eropa (EU) pada hari Minggu (17/9) terhadap semua mobil penumpang berregistrasi Rusia yang ingin memasuki negara tersebut. Ini yang terbaru dari serangkaian sanksi terhadap Rusia sebagai hukuman atas perangnya melawan Ukraina.

Berdasarkan keputusan UE, kendaraan bermotor yang terdaftar di Federasi Rusia tidak lagi diizinkan memasuki wilayah blok beranggotakan 27 negara tersebut.

“Mobil yang terdaftar di Rusia tidak berhak memasuki Polandia,” kata Menteri Dalam Negeri Polandia, Mariusz Kaminski, pada hari Sabtu (16/9), mengumumkan larangan yang mulai berlaku beberapa jam kemudian pada tengah malam.

“Ini adalah elemen lain dari sanksi yang dikenakan terhadap Rusia dan warga negaranya sehubungan dengan perang brutal di Ukraina, karena fakta bahwa negara Rusia saat ini merupakan ancaman terhadap keamanan internasional,” kata Kaminski.

Langkah ini dilakukan hanya beberapa hari setelah negara-negara Baltik seperti Lithuania, Latvia dan Estonia melarang kendaraan dengan plat nomor Rusia memasuki wilayah mereka, sebuah langkah bersama yang sejalan dengan interpretasi baru-baru ini mengenai sanksi UE terhadap Moskow.

Polandia dan negara-negara Baltik adalah beberapa negara Eropa yang paling vokal mengkritik Rusia dan Presiden Vladimir Putin.

Pada hari Selasa, Dmitry Medvedev, wakil kepala Dewan Keamanan Rusia yang diketuai oleh Presiden Vladimir Putin, mengecam tindakan Komisi Eropa sebagai tindakan rasis.

Dia menyarankan agar Moskow dapat membalas dengan menangguhkan hubungan diplomatik dengan UE dan menarik kembali diplomatnya dari Brussels.

Polandia berbatasan darat dengan wilayah Kaliningrad Rusia, yang merupakan eksklave yang terpisah dari daratan Rusia. Badan Penjaga Perbatasan mengatakan larangan tersebut akan tetap berlaku terlepas dari perbatasan mana yang ingin dilintasi kendaraan.

Selain Kaliningrad, Polandia memiliki perbatasan dengan Belarusia dan Ukraina di perbatasan timurnya. Negara ini berbatasan dengan sekutu UE dan NATO, Jerman, Slovakia, Ceko, dan Lituania, di mana tidak ada pemeriksaan perbatasan.

Situs web Penjaga Perbatasan mengatakan bahwa mobil bertanda Rusia “akan dikembalikan ke negara non UE tempat mereka datang, terlepas dari apakah itu Rusia atau negara lain. Tindakan tersebut akan dilakukan meskipun pengemudi mobil tersebut bukan warga negara Federasi Rusia.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home