Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:09 WIB | Kamis, 16 November 2023

Polisi Siapkan 74 Personel untuk Pengamanan Tiap Pasang Capres-Cawapres

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Mabes Polri mengerahkan 74 personel Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2024  yang ditunjukan untuk mengawal masing-masing calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres).

“Operasi Mantap Brata di tingkat pusat ada sembilan satgas, salah satunya adalah Satgas Pam (Pengamanan) Capres/Cawapres,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, hari Rabu (15/11).

Secara teknis pengamanan, Capres dan Cawapres mendapatkan dua tim pengamanan. Terdiri dari masing-masing, 37 personel bila dijumlahkan total 74 personel untuk satu pasangan. “Masing-masing calon disiapkan dua tim, satu tim berjumlah 37 orang,” kata Ramadhan.

Dengan rincian, satu tim terdiri dari sembilan personel bertugas sebagai asisten pribadi (Spri) dan ajudan (ADC) untuk Capres/Cawapres dan istrinya, serta serta perwira penghubung protokol (Pabungkol).

Lalu, 21 personel bertugas sebagai pengamanan dan pengawalan yakni pengawal pribadi (Walpri), pengamanan dan penyelamatan (Matan) dan tenaga medis. Terakhir, tujuh personel lain menjadi pengawalan lalu lintas (Wallantas).

Dengan total adanya tiga pasang Capres-Cawapres maka ada 222 personel yang akan terbagi sebagai tim pengamanan pasangan utuk nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Mereka bakal melekat bertugas sesuai fungsinya mengawal masing-masing pasangan selama Pilpres 2024. Danm hal itu sesuai berita acara antara KPU RI dengan Polri yang diwakili oleh Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri pada Senin, 13 November 2023.

KPU dan Polri melakukan Penandatangan Berita Acara Serah Terima Satuan Tugas Pengamanan dan Pengawalan (Satgas Pam) Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Dalam Pemilu Tahun 2024

Penandatanganan berita acara dilakukan oleh Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno dengan Kabaharkam Polri selaku Kepala Operasi  Pusat “Mantap Brata 2023-2024” Komisaris Jenderal Polisi Mohammad Fadil Imran dan disaksikan Ketua KPU Hasyim Asy’ari dan Anggota KPU Betty Epsilon Idroos, Yulianto Sudrajat, Mochammad Afifuddin, August Mellaz, Idham Holik, dan Parsadaan Harahap.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home