Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:36 WIB | Sabtu, 02 September 2023

Presiden China Diperkirakan Absen di KTT G-20 di India

Presiden China, Xi Jinping, menghadiri sesi KTT Pemimpin G-20, di Nusa Dua, Bali, Indonesia, pada 16 November 2022. (Foto: dok. Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Presiden China, Xi Jinping, diperkirakan tidak akan menghadiri KTT G-20 di India pekan depan, dan akan mengirim Perdana Menteri Li Qiang sebagai penggantinya, kata seorang pejabat senior Uni Eropa pada hari Kamis (31/8).

“Informasi terakhir saya… adalah bahwa Xi tidak berniat melakukan perjalanan, yang akan mengunjungi adalah perdana menterinya,” kata pejabat itu kepada wartawan di Brussels menjelang pertemuan puncak 9-10 September di New Delhi, India.

Xi dan Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengadakan pembicaraan tatap muka yang jarang terjadi pada pertemuan puncak kelompok BRICS (Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan) di Afrika Selatan pekan lalu, namun ketegangan antara kedua negara masih tetap tinggi.

Pada hari Selasa (29/8), India mengeluarkan “protes keras” kepada China setelah peta resmi yang diterbitkan oleh Beijing tampaknya mengklaim sebidang tanah luas di Himalaya yang diklaim kedaulatannya oleh Delhi.

Para pejabat Eropa berharap KTT G-20 di New Delhi akan menjadi kesempatan untuk melobi negara-negara seperti India dan China agar menyetujui kritik yang lebih keras terhadap sesama anggota BRICS, Rusia, setelah invasi Moskow ke Ukraina. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home