Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:25 WIB | Selasa, 16 Juli 2024

Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Papua Nugini di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG) James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, 15 Juli 2024. (Foto: BPMI Setpres/Vico)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG), James Marape, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada hari Senin, 15 Juli 2024. PM Marape dan delegasi tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10:00 WIB dan disambut langsung oleh Presiden Jokowi.

Kedua pemimpin kemudian memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Kerja Sama Asia, Pasifik, dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jaelani, serta Duta Besar Republik Indonesia untuk Papua Nugini Andriana Supandy.

Sementara itu, delegasi PNG yang hadir adalah Menteri Luar Negeri Justin Tkatchenko, Menteri Perdagangan Internasional dan Investasi Richard Maru, Menteri Pembangunan Pedesaan dan Ekonomi Joseph Lelang, Menteri Transportasi dan Penerbangan Sipil Walter David Schnaubelt, Menteri Kelapa Sawit Francis Galia Maneke, Menteri Peternakan Sekie Agisa, Menteri Kesehatan Lino Tom, Wakil Menteri BUMN Raphael Tonpi, serta Calon Duta Besar PNG untuk Indonesia Simon Namis.

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Marape untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai, Istana Bogor. Presiden Jokowi dan PM Marape kemudian menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum melakukan pertemuan bilateral.

Usai pertemuan bilateral, kedua pemimpin menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara kedua negara. Selepas itu, kedua pemimpin kemudian menyampaikan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai.

Rangkaian kunjungan ini pun diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan bagi PM Marape dan delegasi di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home