Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:43 WIB | Rabu, 17 Juli 2024

Indonesia dan Papua Nugini Tandatangani Empat Nota Kesepahaman

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG) James Marape di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, 15 Juli 2024. (Foto: BPMI Setpres/Vico)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM-Presiden RI menerima kunjungan kerja Perdana Menteri James Marape dari Papua Nugini di Istana Bogor pada (15/7). Keduanya menyepakati empat nota kesepahaman (MoU) di bidang perlintasan bus komersial, perlintasan barang, kerja sama kesehatan, dan kerja sama pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut Presiden RI juga menyampaikan duka atas musibah tanah longsor dan pemberian bantuan sebelumnya kepada korban tanah longsor di Papua Nugini.

Empat Memorandum of Understanding (MoU) yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut yaitu:​

  1. MoU on Cross Border Movement for Commercial Buses and Coaches. Melalui MoU ini akan diatur mekanisme perlintasan angkutan umum untuk membawa penumpang lintas batas dari Jayapura hingga ke Vanimo.​
  2. MoU on Cross Border Transport of Goods by Motor Vehicles. MoU ditujukan untuk mengatur perlintasan barang yang dapat dibawa oleh penumpang angkutan umum yang melintasi batas dari Jayapura ke Vanimo.
  3. MoU on Cooperation in the Field of Health. Merupakan pembaruan dari MoU tahun 2018 yang habis masa berlakunya pada tahun 2022. MoU mengatur kesejahteraan secara umum dan isu-isu kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan.
  4. MoU on Cooperation in the Field of Education. Merupakan payung berbagai kerja sama di bidang pendidikan ke depan, termasuk pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi tenaga pendidik serta pemberian beasiswa.

Terkait kerja sama bilateral, kedua pemimpin menegaskan bahwa berlakunya perjanjian kerja sama pertahanan sangat penting untuk memperkuat keamanan kedua negara. Indonesia menyambut baik pelaksanaan Joint Business Forum yang kedua.

Lebih lanjut, Presiden kembali menekankan pentingnya kelanjutan pembahasan Preferential Trade Agreement untuk meningkatkan perdagangan antara kedua negara. Selain itu, pembaruan perjanjian kerja sama kesehatan dan penandatanganan kerja sama pendidikan juga diharapkan dapat mempererat kolaborasi antara Indonesia dan Papua Nugini.

Terkait pembangunan jaringan listrik oleh PLN di Perbatasan Skouw, Wutung, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa kerja sama ini dimulai dan listrik sudah menyala di Wutung pada hari ini.

Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung pembangunan di Papua Nugini dan negara-negara pasifik lainnya melalui berbagai program hibah, seperti renovasi di Port Moresby dan pembangunan fasilitas publik di West Sepik.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home