Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:11 WIB | Jumat, 23 Agustus 2024

Presiden Rombak Kabinet, Ganti Menkumham dan Menteri ESDM

Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia (kiri), Menkumham, Supratman Andi Agtas (kedua kiri), Kepala BKPM/Menteri Investasi, Roslan Roeslani (kedua kanan) dan Wamen Kominfo, Angga Raka Prabowo (kanan) pada acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo merombak kabinet dengan mengganti sejumlah menteri, dan mereka dilantik pada hari Senin (19/8) di Istana Negara Jakarta. Ini perubahan yang dilakukan kurang dari tiga bulan sebelum Joko Widodo mengakhiri jabatan sebagai Presiden.

Mereka termasuk Supratman Andi Agtas dilantik sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) menggantikan Yasonna Laoly. Kemudian Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, menggantikan Arifin Tasrif, dan posisinya sebagai Menteri Investasi/Kepala NKPM dijabat oleh Rosan Roeslani.

Selain itu Presiden juga melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), dan Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Angga Raka dilantik bersamaan Rosan Roeslani, Supratman Andi Agtas, dan Bahlil Lahadalia. Sedangkan Hasan Nasbi dilantik bersama dua kepala badan yang juga dilantik hari ini.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

Jabatan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan diketahui itu jabatan yang baru ditetapkan Presiden Jokowi melalui Perpes. Pembentukan Kantor Komunikasi Kepresidenan dibentuk lewat Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2024, ditandatangani Jokowi pada 15 Agustus 2024 dan diundangkan pada hari yang sama.

Lembaga ini dibentuk dalam rangka mewujudkan efektivitas penyelenggaraan komunikasi dan informasi strategis Presiden secara sinergis dan terpadu.

"Kantor Komunikasi Kepresidenan adalah lembaga nonstruktural yang dibentuk oleh Presiden untuk melaksanakan komunikasi dan informasi kebijakan strategis dan program prioritas Presiden," demikian bunyi Pasal 1 poin 1 Perpres ini.

Supratman Andi Agtas lahir di Soppeng, Sulawesi Selatan, 28 September 1969. Ia merupakan anggota DPR RI Partai Gerindra dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah, yang menjabat sebagai Ketua Badan legislasi DPR RI.

Ia sempat menjalani profesi sebagai dosen selama 14 tahun dan advokat sejak tahun 1996. Kiprah Supratman di parlemen antara lain pernah menjadi Ketua Panja Revisi UU MD3 tahun 2016, serta menjadi anggota untuk Panja RUU Migas (2016), Pansus Hak Angket KPK (2017), Pansus RUU Pemilu (2017), Pansus RUU Siber (2019), Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara (2019).

Sementara itu, Rosan Roeslani yang dilantik sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dia sebelumnya juga pernah menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menkominfo Tambah Wamen

Pelantikan Angga Raka Prabowo sebagai Wamenko menambah struktur kepemimpinan di Kementerian Kominfo yang sebelumnya telah memiliki Wakil Menteri, yaitu Nezar Patria.

Menurut laporan Antara, Angga Raka Prabowo merupakan politisi dari Partai Gerindra, yang juga pernah menjadi Ketua Bidang Komunikasi atau Direktur Media Kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada pemilihan presiden dan wakil presiden 2024.

Angga diketahui bergabung dengan Gerindra pada 2008. Angga masuk sebagai tim media Partai Gerindra pada 2012. Dia lalu dipercaya menjadi sekretaris pribadi presiden terpilih Prabowo Subianto pada 2014 hingga 2017.

Di Partai Gerindra sendiri, Angga didapuk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal dan Ketua Badan Komunikasi.

Sementara itu di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Menteri Budi Arie Setiadi, melantik Prabu Revolusi sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo menggantikan Usman Kansong.

Pelantikan tersebut dilakukan secara tertutup di Gedung Kementerian Kominfo, pada hari Senin (19/8).

Dalam wawancara cegat usai pelantikan, Prabu menyampaikan bahwa dirinya mendapat tugas untuk membangun komunikasi publik dan diseminasi informasi di era baru. "Pesannya jelas arahan beliau karena ini masa disrupsi teknologi ya, kami diperintahkan untuk segera merancang, membangun komunikasi publik dan diseminasi informasi era baru," ucap Prabu.

Prabu Revolusi yang bernama lengkap Prabunindya Revta Revolusi lahir di Bandung pada 16 Juni 1980. Dia menyelesaikan pendidikan sarjananya di bidang Teknik Fisika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2004.

Dia lalu melanjutkan studi magister di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina pada tahun 2007. Tak berhenti di situ, Prabu juga berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Sahid pada tahun 2022.

Prabu Revolusi dikenal luas sebagai pembawa berita, Dia mulai dikenal publik saat bergabung dengan Metro TV pada Juni 2008 hingga April 2014. Setelah itu, Prabu beralih ke CNN Digital, di mana dia menjabat sebagai senior pembawa berita dari 2015 hingga 2019 dan kemudian sebagai Manajer Pengayaan Konten Digital pada 2019.

Pada tahun 2021 hingga 2023, Prabu bergabung dengan MNC Media sebagai Wakil Presiden Pengembangan Bisnis dan Sekretaris Perusahaan sekaligus Direktur News.

Selain berkarier di media, Prabu juga pernah terlibat dalam pemerintahan. Pada 2020-2021, dia menjabat sebagai Staf Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dia juga sempat masuk dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai Deputi Komunikasi untuk Pemilihan Presiden 2024. Namun, tak lama setelah itu, Prabu keluar dari Tim TPN dan merapat ke pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Sebelum dilantik sebagai Dirjen IKP, Prabu diketahui menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Kilang Pertamina Internasional.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pengangkatan menteri, wakil menteri, dan kepala badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar, dan efektif.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home