Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:32 WIB | Rabu, 19 Juli 2023

Pria Australia Tiga Bulan Terapung di Laut Diselamatkan Nelayan Mexico

Shaddock sedang diperiksa tekanan darahnya. (Foto: Grupomar/Atun Tuny via AP)

MANZANILLO, SATUHARAPAN.COM-Seorang pelaut Australia yang terapung-apung di laut bersama anjingnya selama tiga bulan telah diselamatkan oleh kapal tuna Mexico di perairan internasional, kata pemilik kapal penangkap ikan, hari Senin (17/7).

Timothy Lyndsay Shaddock, 54 tahun, berada di atas catamaran Aloha Toa yang lumpuh di lautan Pasifik sekitar 1.200 mil (1.900 kilometer) dari darat ketika awak kapal dari armada Grupomar melihat mereka, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan mengatakan Shaddock dan anjingnya, Bella, dalam keadaan "genting" saat ditemukan, kekurangan perbekalan dan tempat berlindung. Awak kapal tuna memberi mereka perawatan medis, makanan, dan mengatasi hidrasi, katanya.

Grupomar tidak memberikan perincian spesifik pada hari apa Shaddock diselamatkan atau kapan dia memulai pelayarannya.

Kapal tuna, yang dikapteni oleh Oscar Meza Oregón, tiba di pelabuhan pantai Pasifik Manzanillo pada hari Selasa (18/7) bersama Shaddock dan Bella.

Antonio Suárez Gutiérrez, pendiri dan presiden Grupomar, mengatakan dia bangga dengan krunya, memuji mereka atas kemanusiaan mereka dalam menyelamatkan nyawa seseorang yang dalam kesulitan.

Shaddock mengatakan kepada televisi Nine News Australia bahwa dia dan anjingnya bertahan hidup dengan makan ikan mentah dan air hujan setelah badai merusak kapalnya dan merusak peralatan elektroniknya.

"Saya telah melalui cobaan yang sangat sulit di laut, dan saya hanya perlu istirahat dan makanan yang baik, karena saya sudah lama sendirian di laut," kata Shaddock yang kurus dan berjanggut dalam video yang disiarkan oleh Nine pada Minggu (16/7) malam waktu Australia.

Penduduk Sydney itu dan anjingnya telah berlayar dari kota La Paz, Mexico menuju Polinesia Prancis pada bulan April, tetapi pelayaran itu berakhir dalam beberapa pekan, lapor surat kabar The Daily Telegraph Sydney.

Dalam foto-foto penyelamatan yang diberikan oleh Grupomar kepada AP, Shaddock yang tersenyum, berjanggut dan kurus terlihat dengan manset tekanan darah di lengannya, memegang sekotak obat penghilang rasa sakit di dalam kabin kapal penangkap ikan. Di tempat lain, Bella berbaring di geladak. Catamaran terapung di dekatnya tanpa layar yang terlihat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home