Pro-Kontra Pembaptisan Anak Pasangan Homoseksual
SATUHARAPAN.COM – Meskipun memicu banyak kontroversi saat menolak pernikahan gay Katolik di gereja dan melakukan kampanye untuk membatalkan Undang-undang pernikahan sesama jenis di AS, pemimpin Katolik berhati-hati dan memilih tidak menolak pasangan homoseksual yang hendak membaptiskan anak mereka.
Tapi langkah uskup di Wisconsin mengubah tata cara pembaptisan anak dari pasangan sejenis meningkatkan pertanyaan tentang apakah zona netral sekarang akan menjadi medan pertempuran lain, dan apakah meningkatnya penerimaan masyarakat orangtua gay pasti akan menarik perhatian lebih untuk praktik ini dan memaksa para pemimpin gereja untuk menetapkan aturan yang lebih jelas.
Posisi default untuk sebagian besar uskup—menegaskan dalam dokumen utama Vatikan dirilis pada Kamis (26/6)— adalah jika orangtua berjanji membesarkan anak secara Katolik, maka tidak ada anak laki-laki atau perempuan ditolak untuk menerima baptisan.
Mereka umumnya membiarkan pastor paroki memberikan sakramen, meskipun biasanya dilakukan dalam upacara pribadi dengan orangtua kandung—bukan ibu atau ayah angkatnya—tercatat di sertifikat baptis.
Perdebatan baru itu dipicu oleh munculnya memo—pertama kali dilaporkan oleh Wisconsin State Journal—yang dikirimkan pada awal Mei untuk para imam Keuskupan Madison oleh pembantu Uskup Robert Morlino.
Dalam memo tersebut, vikjen keuskupan, Monsignor James Bartylla, mengatakan ada “sejumlah kesulitan, tantangan, dan pertimbangan yang terkait dengan penyatuan tidak wajar (termasuk skandal) terkait dengan baptisan anak, dan pertimbangan tersebut menyentuh teologi, hukum kanon, pendekatan pastoral, adaptasi liturgi, dan catatan sakramental.”
Bartylla mengatakan bahwa pendeta sekarang harus mengoordinasikan keputusan apa pun terhadap membaptis anak-anak pasangan gay dengan kantornya dan bahwa “setiap kasus harus dievaluasi secara individual.”
Seorang juru bicara Keuskupan Madison, Brent Raja, mengatakan dalam sebuah email bahwa kebijakan baru tidak akan memengaruhi keterbukaan gereja terhadap membaptis anak jika orangtua atau wali “tulus dalam menyerahkan anak untuk dibaptis” dan jika dia “benar-benar bermaksud untuk membesarkan anak dalam iman dan semua kewajibannya. “
“Kami ingin semua orang untuk menerima sakramen terpenting ini, dan kami menyikapi masalah sensitif ini dengan bijaksana, demi anak dan integritas sakramen paling suci ini,” tulis Raja. Dia menambahkan bahwa keuskupan memberi komentar lebih lanjut.
Tetapi beberapa orang curiga bahwa Morlino—salah satu dari kaum konservatif yang vokal dalam Konferensi Uskup Katolik AS (USCCB)—akan menggunakan kebijakan baru untuk mengekang pembaptisan yang dia anggap bermasalah.
“Sementara proses ini mungkin melindungi pasangan dari keinginan negatif dari seorang pendeta lokal, Uskup Morlino memiliki catatan kuat menentang lesbian dan gay yang saya khawatir dia mungkin lebih ketat membaptis anak-anak mereka daripada kebanyakan imam,” kata Fransiskus DeBernardo, kepala New Ways Ministry, sebuah kelompok advokasi terkemuka untuk gay Katolik.
Jika itu terjadi, kata dia, “ini memiliki potensi untuk meledak menjadi bencana pastoral.”
Pejabat di USCCB mengatakan keputusan ini diserahkan kepada para pemimpin gereja setempat, dan menunjukkan tidak ada rencana untuk merumuskan arahan nasional di luar pedoman yang dikemukakan dalam pernyataan 2006 tentang melayani orang-orang gay. Dokumen itu mengatakan bahwa membaptis anak-anak dari orangtua gay adalah “keprihatinan pastoral yang serius”, tetapi bahwa gereja tidak boleh menolak mereka atas akses ke sakramen.
Namun, sejak uskup mengeluarkan dokumen itu, pendukung pernikahan sesama jenis terus mendorong masalah ke arena publik. Karena, makin banyak orang Katolik gay bisa menikah, dan bisa terbuka tentang hubungan mereka, pasangan gay lebih mungkin menghadirkan anak-anak mereka untuk dibaptis.
Berbagai Pertanyaan
“Pertanyaan dengan pasangan gay adalah apakah penentangan mereka terhadap ajaran gereja tentang pernikahan berarti bahwa mereka tidak berniat untuk membesarkan anak dalam iman,” kata Rita Ferrone, penulis beberapa buku tentang liturgi dan konsultan untuk keuskupan AS mengenai hal-hal liturgi.
“Orangtua Gay mungkin tidak secara ideologis menentang ajaran gereja, tetapi ada kemungkinan mereka tidak hanya melanggar tetapi juga menolak berbagai norma-norma yang telah mereka jalani,” kata Ferrone.
DeBernardo mengatakan masalah dengan kebijakan yang berfokus khusus pada orangtua gay adalah bahwa hal itu “stigma terhadap pasangan lesbian dan gay lebih daripada orangtua lain.”
“Hal ini sangat mungkin bahwa tidak ada orangtua yang hadir saat seorang anak menerima,” katanya. “Mengapa orangtua tunggal hanya salah satu orangtua lesbian dan gay saat pemeriksaan lebih lanjut untuk persiapan pembaptisan?”
Namun, melawan setiap kecenderungan untuk mengekang pembaptisan, adalah anggapan lama, dalam pengajaran gereja dan bahkan di antara pemimpin gereja konservatif. Sebab, menurut mereka tidak boleh ada seorang anak pun yang ditolak dibaptis.
Didorong Paus Fransiskus
Sikap itu didorong kuat sejak terpilihnya Paus Fransiskus, yang sebagai seorang uskup agung di Argentina menghukum para imam yang menolak untuk membaptis anak-anak dari ibu yang tidak menikah. “Anak sama sekali tidak bertanggung jawab atas kondisi pernikahan orangtuanya,” kata sang uskup Argentina. Sebagai paus, Fransiskus terus mempromosikan pandangan itu.
September lalu ia mengatakan bahwa walaupun gereja memiliki hak untuk mengekspresikan pendapat mereka, gereja tidak dapat “mengganggu kehidupan rohani” para gay dan lesbian. Pada Januari Paus secara pribadi membaptis—di Kapel Sistina—anak dari pasangan menikah secara sipil, bukan di gereja. Dan pada Mei ia mengatakan dalam homili gereja harus membaptis orang-orang hijau kecil dari Mars jika mereka memintanya.
Beberapa Uskup Menangkap Isyarat Fransiskus.
Di Meksiko, Uskup Raul Vera Lopez secara pribadi membaptis bayi berumur 16 bulan yang dibesarkan oleh pasangan lesbian. Dia melakukan itu pada Mei, hanya dua minggu setelah pertemuan di Roma dengan Fransiskus dan mendiskusikan pelayanannya kepada orang-orang gay dengan dia.
“Jika saya menemukan anak kandung dari salah satu pasangan wanita, bagaimana saya bisa menyangkal baptisannya? Jika orangtua meminta si anak dibaptis, itu karena mereka memiliki iman Kristen,” Vera Lopez menjelaskan. “Paus memiliki sikap yang sama seperti Kristus.”
Di Argentina pada April, uskup agung Cordoba juga membela keputusan untuk membaptis anak dari pasangan lesbian selama layanan di katedral kota, dan mengatakan ia menjelaskan tindakannya itu dengan Vatikan.
“Baptisan adalah hak setiap pribadi manusia, dan saya berpikir bahwa Bapa Suci juga, sejak dia adalah Uskup Agung Buenos Aires, selalu menganjurkan keterbukaan besar dalam pemberian sakramen ini,” kata Uskup Agung Carlos Nanez.
Dan minggu ini, sebuah dokumen utama yang diterbitkan oleh Vatikan untuk memandu diskusi masa depan kehidupan keluarga menekankan bahwa hampir semua uskup di dunia akan menyambut permintaan untuk membaptis anak-anak yang hidup dengan pasangan gay “dengan perawatan yang sama, kelembutan dan perhatian yang diberikan kepada lainnya anak-anak.” (huffingtonpost.com)
Empat Kue Tradisional Natal dari Berbagai Negara
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Perayaan Natal pastinya selalu dipenuhi dengan makanan-makanan berat untu...