Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 09:55 WIB | Sabtu, 21 Desember 2013

Proud and Rise: Buku Pembangkit Jiwa Anak Muda

Proud and Rise: Buku Pembangkit Jiwa Anak Muda
Dari kiri: Asep Kambali (moderator), Taufan Akbari, William Lautama (foto-foto: Diah Anggraeni Retnaningrum)
Proud and Rise: Buku Pembangkit Jiwa Anak Muda
Taufan Akbari (kiri), William Lautama (kanan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Proud and Rise adalah buku yang ditulis oleh Taufan Akbari dan William Lautama. Isi buku ini bertujuan untuk menginspirasi dan membangkitkan semangat anak muda.

Taufan dan William meluncurkan buku Proud and Rise mereka pada Jumat (20/12) siang di Aula London School Public Relation (LSPR). Acara yang dipandu oleh Asep Kambali, seorang dosen di LSPR, ini berlangsung sangat santai dan interaktif.

Dalam peluncuran bukunya, Taufan menyatakan bahwa: “Buku ini memang berfokus di bidang karakter dan pengembangan diri.” Tentunya yang ia maksud dalam hal ini adalah anak-anak muda. Menurutnya, perkembangan anak-anak muda saat ini sudah cukup baik. Memang, perjuangan anak muda pada jaman dahulu dengan sekarang cukup berbeda. Kalau jaman dulu berjuang dengan darah, beda halnya dengan sekarang yaitu berjuang dengan karya.

“Kita tidak akan bisa bangkit kalau kita tidak bangga dengan bangsa ini,” kata dia. “Potensi yang paling luar biasa untuk negara ini kalau bukan kita, anak-anak muda, siapa lagi?”

Buku Proud and Rise

Proud and Rise juga mengajak para pemuda dan pemudi untuk memaksimalkan potensi yang dipunya agar bangsa ini terus mengalami kemajuan dan perubahan yang lebih baik. Selain ditulis oleh kedua pengarangnya, buku ini juga berisi tentang pemikiran, wawasan dan semangat dari tokoh-tokoh lain seperti Anies Baswedan, Billy Boen, Iman Usman, Angkie Yudistia, Endah N Resa, Muhammad Assad dan masih banyak lagi.

Dalam bahasa Indonesia, Proud and Rise artinya Bangga dan Bangkit. Filosofisnya adalah bangkit dari segala kegalauan dan keterpurukan dan harus merasa bangga dengan apa yang dimiliki. Ketika anak muda mengenali potensi dan kekuatan diri sendiri, pada saat itulah ia akan memiliki harta yang tak ternilai oleh apapun. Dari potensi itulah, maka ia akan lebih mudah mencintai bangsanya dengan semua kelebihan dan kekurangannya.

Proud and Rise terdiri dari 6 chapter, 6 pemikiran dan 6 gagasan dari para inspirator Indonesia. Chapter pertama berisi tentang wawasan keindahan Nusantara dan mengingatkan bahwa kita adalah generasi muda pencetak sejarah perkembangan bangsa ini. Chapter kedua membahas bagaimana peran dan kesiapan pemuda dalam proses menerima tongkat estafet sebagai generasi penerus. Chapter ketiga memaparkan fenomena kepemimpinan muda di Indonesia. Chapter keempat menjelaskan pentingnya memiliki kemauan belajar yang keras. Chapter kelima berisi tentang pemaparan bagaimana pemuda harus membangun citra diri atau personal branding.Chapter keenam menyebutkan siapa saja pemuda Indonesia yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Mengapa Harus Memilih Buku Ini?

Dalam buku ini, Taufan menyatakan bahwa ia ingin memberikan ruang dan pemikiran bagi anak muda untuk bergerak di bidangnya masing-masing dan ada nilai yang positif di dalamnya untuk membangkitkan jiwa anak muda.

William juga menyatakan bahwa dengan menemuka passion atau tujuan hidup yang tepat, maka hidup seseorang tidak lagi menjadi sebuah rutinitas namun ada sebuah gairah untuk melakukan pencapaian sesuatu sehingga hidup tidak lagi membosankan. Melalui buku ini, anak muda akan dibantu untuk menemukan apa yang sebenarnya menjadi tujuan hidup mereka.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home