Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 10:30 WIB | Rabu, 03 Juli 2024

Public Speaking Bawa Efek Spillover, Kunci Utama dalam Meningkatkan Kemampuan Lainnya

Marcello Rigo Aruan, Siswa SMAK 1 BPK PENABUR, 2nd Runner Up dan 9th Bst Speaker , National School Debating Championship (NSDC), di Jakarta (Foto : BPKPJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Berawal dari mengikuti English Debate Society (EDS) sejak mulai bersekolah di SMAK 1 PENABUR, kemampuan public speaking Marcello Rigo Aruan atau yang akrab dipanggil Rigo terus berkembang.

Selain mengasah kemampuan debat, EDS menyediakan pelatihan bagi siswa yang ingin mengikuti kompetisi National School Debating Championship (NSDC). Sebuah ajang debat bahasa Inggris tingkat nasional.

Pada NSDC 2023, Rigo mulai memberanikan diri mengikuti seleksi provinsi, namun sayangnya tidak berhasil  lolos.

“Meskipun gagal, tidak menyurutkan tekadku untuk terus melatih diri dan kembali memberanikan diri mengikuti seleksi tingkat provinsi di NSDC 2024 saat kelas XI.” ujar Rigo.

Berlangsung dari 19 - 25 Juni 2024 di Unika Atmajaya, Jakarta Selatan, NSDC yang merupakan gelaran Badan Talenta Prestasi Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) ini diikuti oleh 36 kontingen provinsi dan 1 tim Sekolah Luar Negeri Indonesia. Mengusung tema "Speak of Your Mind, Speak for Indonesia".

Mewakili tim DKI Jakarta, Rigo berhasil meraih 2nd Runner Up dan 9th Bst Speaker, yang diambil dari rata-rata speaker score di babak penyisihan.

Big shoutout kepada Miss Evi yang sudah memfasilitasi segala pelatihan, proses pendaftaran, administrasi, dan mendampingi saya selama perlombaan. Teman-teman di EDS juga menjadi sumber motivasi dan penyokong mental selama masa persiapan, terlebih ketika kami turun lomba bersama. Para alumni EDS juga menjadi sumber inspirasi dan pemberi nasehat yang tidak dapat dilupakan. Selain itu, para pelatih untuk tim DKI Jakarta yang hebat, menjadi sumber inspirasi saya.” tutur Rigo.

Rigo merasa senang sekaligus menemukan tantangan yang luar biasa besar ketika mengikuti ajang NSDC 2024.

“It was one of the most incredible experiences of my life. I met people and made friends from all over the country in what was the pinnacle of all national debate competitions. As stressful as it was, I knew I was living in the lofty dream I once thought would never actualise. Moreover, the people around me made it beyond fun. The stakes were incredibly high and the pressure was immense, intensifying the stings and triumphs each blunder and feat brought. My only pet peeve is that this year’s NSDC was held in Jakarta so I didn’t get to travel to another province, but the venue was absolutely amazing throughout and that more than made up for it. NSDC was an incredible dream and now it’s an incredible core memory. I’m very proud (to propose).” tutur Rigo mengungkapkan pengalaman yang dirasakannya.

Bagi Rigo dengan mengikuti ajang perlombaan NSDC 2024 semakin mempertajam kemampuan public speaking nya.

“Kemampuan public speaking mungkin terlihat niche, tapi dapat membawa efek spillover pada kemampuan yang lainnya. Terutama kemampuan dalam menyampaikan ide dengan percaya diri dan terstruktur. Dalam konteks dunia dengan tren yang mendorong individualisme, kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama merupakan nilai yang akan terus meningkat.” ucap Rigo.

Ia turut berpesan kepada setiap siswa di BPK PENABUR Jakarta untuk terus semangat dan percaya bahwa suatu hari cita-cita yang diinginkan akan terwujud.

“Love what you do because that’s the best way to get things done. No matter what happens, the enjoyment you get from the process and small triumphs is valuable in and of itself.” tuturnya.

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home