Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:19 WIB | Selasa, 27 Agustus 2013

Rakyat Jatim Pilih Gubernur 29 Agustus Mendatang

foto: danilsetiawan.com

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM – Hari Kamis (29/12) mendatang, masyarakat Jawa Timur akan memilih gubernur dan wakil gubernur  untuk periode 2013 -2018. Masa kampanye dari tanggal 12 Agustus sampai dengan 25 Agustus  telah berlangsung dan sekarang memasuki masa tenang menjelang hari pemungutan suara.

KPU Jatim telah menetapkan ada empat calon gubernur dan wakil gubernur yaitu pasangan dengan nomor urut satu (1) adalah Soekarwo – Saifullah Yusuf yang didukung mayoritas partai parlemen dan non-parlemen, pasangan independen dengan nomor urut dua (2) Eggi Sudjana – M. Sihat, nomor urut tiga (3) Bambang DH – Said Abdullah yang didukung oleh PDI-P dan nomor urut empat (4) Khofifah Indar Parawansa – Herman S. Sumawiredja yang didukung oleh PKB dan lima partai nonparlemen.

Sebelumnya pasangan no urut (4) sempat tidak lolos dari KPU Jatim karena kurangnya prosentase dukungan dari partai politik, yaitu kurang dari 15 persen. Akhirnya pasangan ini menempuh jalur hukum ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hingga akhirnya menang dan maju kembali menjadi kandidat cagub dan cawagub Jatim.

Logistik Pilkada

Calon gubernur jatim ini akan dipilih oleh  sekitar 30 juta warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dengan hampir 15 juta pemilih perempuan dan 15, 2 pemilih laki-laki. Mereka akan memilih pada 71.036 tempat pemungutan suara di seluruh jatim.

Sayangnya, dalam proses pemilihan ini masih ditemukan masalah, seperti mutu kertas surat suara yang kurang bagus. Ada sekitar 5.854 surat suara yang rusak. Ribuan surat suara yang rusak tersebut menururt Ketua KPU Jatim, Andry Dewanto Ahmad akan dicatat kemudian dimusnahkan di depan tiga instansi dan tim kampanye pasangan calon untuk menghindari tuduhan miring. (surabayapost.co.id)

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home