Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:06 WIB | Senin, 09 Oktober 2023

Reaksi Dunia terhadap Serangan Hamas dan Israel di Gaza

Api dan asap membubung setelah serangan udara Israel menargetkan Bank Nasional di Kota Gaza, pada hari Minggu, 8 Oktober 2023. (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM-Beberapa negara di dunia mengutuk gelombang serangan kelompok Hamas Palestina melalui darat, laut, dan udara yang menurut Israel telah memakan korban lebih dari 600 orang. Negara-negara lain menyerukan peredaan konflik setelah Israel melancarkan serangan udara dan operasi militer lainnya yang menargetkan Gaza yang menurut pihak berwenang Palestina menewaskan lebih dari 370 orang.

“Kami sedang berperang,” kata Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan bersumpah akan melakukan pembalasan berat setelah serangan mendadak oleh Hamas yang dimulai dengan serangan pada sebuah festivfal music pada hari Sabtu (7/10).

Berikut rangkuman reaksi berbagai negara terhadap situasi perang Israel dan Hamas:

Amerika Serikat

Presiden AS, Joe Biden, mengatakan dukungan AS terhadap Israel “sangat kuat dan tak tergoyahkan”.

“Amerika Serikat mendukung Israel,” kata Biden dalam pernyataan yang disiarkan televisi di Gedung Putih, diapit oleh Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken. “Kami tidak akan pernah gagal untuk mendukung mereka.”

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan pembicaraan dengan Israel mengenai bantuan militer “sedang berlangsung”.

Iran

Seorang penasihat senior Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyatakan dukungannya atas serangan itu, dan menyebutnya sebagai “operasi yang membanggakan”.

“Kami mendukung operasi ini,” kata Yahya Rahim Safavi, dikutip kantor berita ISNA. Safavi menyatakan dukungannya terhadap militan Palestina "sampai pembebasan Palestina dan Yerusalem".

Arab Saudi

Kementerian luar negeri Arab Saudi mengatakan: "Kerajaan menyerukan penghentian segera eskalasi antara kedua belah pihak, perlindungan warga sipil, dan pengendalian diri".

“Kerajaan diingatkan akan peringatan berulang kali mengenai bahaya situasi ledakan sebagai akibat dari pendudukan yang terus berlanjut dan perampasan hak-hak sah rakyat Palestina,” tambahnya.

PBB

 Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, mendesak upaya diplomatik di Timur Tengah untuk mencegah konflik yang lebih luas, dengan mengatakan pada hari Sabtu (7/10) bahwa “hanya melalui negosiasi yang mengarah pada solusi dua negara perdamaian dapat dicapai.”

Kepala Hak Asasi Manusia PBB, Volker Turk, menuntut penghentian segera kekerasan dan mendesak semua pihak dan negara-negara penting di kawasan itu untuk “mengurangi ketegangan guna menghindari pertumpahan darah lebih lanjut.”

Dia menambahkan bahwa dia "sangat prihatin dengan laporan bahwa warga sipil Israel telah disandera".

Uni Eropa

Ketua Uni Eropa, Ursula von der Leyen, mengatakan: "Saya dengan tegas mengutuk serangan yang dilakukan oleh teroris Hamas terhadap Israel."

“Ini adalah terorisme dalam bentuknya yang paling keji. Israel mempunyai hak untuk membela diri terhadap serangan keji seperti itu,” katanya.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan, "Kekerasan mengerikan ini harus segera dihentikan. Terorisme dan kekerasan tidak menyelesaikan masalah. Uni Eropa menyatakan solidaritasnya dengan Israel di saat-saat sulit ini."

Dia menambahkan: "Berita tentang warga sipil yang disandera di rumah mereka atau di Gaza sangat mengerikan. Ini melanggar hukum internasional. Para sandera harus segera dibebaskan".

Brazil

Brazil, yang memegang jabatan presiden Dewan Keamanan PBB, mengutuk serangan terhadap Israel.

Sebuah pernyataan dari kementerian luar negerinya mendesak “semua pihak untuk menahan diri secara maksimal untuk menghindari eskalasi situasi”.

Tak lama kemudian, mereka mengatakan akan mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB mengenai krisis tersebut. Dewan mengumumkan mereka akan bertemu pada hari Minggu (8/10).

China

China mengatakan pihaknya “sangat prihatin” dengan meningkatnya kekerasan antara Israel dan Palestina pada akhir pekan lalu, dan mendesak semua pihak untuk bersikap “tenang”.

“China sangat prihatin dengan meningkatnya ketegangan dan kekerasan antara Palestina dan Israel saat ini,” kata Kementerian Luar Negeri China, seraya menambahkan bahwa pihaknya “menyerukan semua pihak yang berkepentingan untuk tetap tenang dan menahan diri, segera melakukan gencatan senjata, melindungi warga sipil dan mencegah kerusakan lebih lanjut."

Rusia

Kementerian luar negeri Rusia menyerukan “gencatan senjata segera”.

“Kami menyerukan kepada pihak Palestina dan Israel untuk segera melakukan gencatan senjata, menghentikan kekerasan, menunjukkan pengendalian diri yang diperlukan dan, dengan bantuan komunitas internasional, membangun proses negosiasi yang bertujuan untuk menciptakan perdamaian yang komprehensif, abadi dan telah lama ditunggu-tunggu,” kata Kementerian Luar Negeri Israel. kata juru bicara Maria Zakharova.

Ukraina

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, yang negaranya sedang menangkis invasi Rusia, mengatakan Israel memiliki hak yang “tidak dapat disangkal” untuk mempertahankan diri.

Dia menambahkan bahwa dia telah menegaskan kembali dukungan Kiev dalam seruannya kepada Netanyahu.

“Saya berbicara dengan Netanyahu untuk menegaskan solidaritas Ukraina dengan Israel, yang menderita akibat serangan skala besar yang tidak disengaja, dan untuk menyampaikan belasungkawa atas banyak korban,” kata Zelensky, seraya menambahkan bahwa pada "teror selalu merupakan kejahatan."

Turki

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mendesak Israel dan Palestina untuk menghindari eskalasi lebih lanjut.

“Kami mengajak semua pihak untuk bertindak wajar dan menjauhi tindakan impulsif yang meningkatkan ketegangan,” kata Erdogan, yang sangat mendukung perjuangan Palestina.

Perancis

 Prancis menyatakan “solidaritas penuh terhadap Israel dan para korban” dan menggarisbawahi “penolakan mutlak terhadap terorisme dan komitmennya terhadap keamanan Israel”.

Presiden Emmanuel Macron mengatakan dia “mengutuk dengan tegas” serangan tersebut.

Jerman

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, mengatakan Israel mempunyai hak untuk mempertahankan diri terhadap serangan-serangan tersebut dan “melindungi warganya serta mengejar para penyerang.”

Dia menambahkan bahwa dia merencanakan pembicaraan dengan para pemimpin dari Mesir, Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis dan telah menelepon Netanyahu untuk memberitahunya bahwa Jerman “berdiri teguh dan teguh di sisi Israel”.

Inggris

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, mengatakan bahwa "Israel mempunyai hak mutlak untuk membela diri."

“Ketika kebiadaban kekejaman hari ini menjadi lebih jelas, kami dengan tegas mendukung Israel. Serangan Hamas ini adalah tindakan pengecut dan bejat,” tambah Sunak dalam sebuah postingan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Italia

Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni, menelepon Netanyahu dan dia "menegaskan kembali solidaritas penuh Roma" setelah serangan Hamas.

“Pemerintah Italia akan bekerja sama dengan mitra internasional untuk mengoordinasikan dukungan” bagi Israel, kata Roma dalam sebuah pernyataan. "Italia mendukung rakyat Israel di masa sulit ini".

Jepang

 Jepang "mengutuk keras" serangan lintas batas tersebut, kata Menteri Luar Negeri, Yoko Kamikawa.

Tokyo juga mengkritik penangkapan sejumlah warga Israel, termasuk beberapa warga sipil, katanya dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, kami sangat prihatin dengan banyaknya korban jiwa di Jalur Gaza akibat serangan Pasukan Pertahanan Israel, lanjut pernyataannya.

“Jepang sekali lagi menyerukan kepada semua pihak untuk menahan diri sepenuhnya guna mencegah kerusakan lebih lanjut.”

Afrika Selatan

Kementerian luar negeri Afrika Selatan menyatakan "keprihatinan besar atas eskalasi konflik Israel-Palestina yang menghancurkan baru-baru ini".

“Kawasan ini sangat membutuhkan proses perdamaian yang kredibel yang memenuhi seruan dari banyak resolusi PBB sebelumnya untuk solusi dua negara dan perdamaian yang adil dan komprehensif antara Israel dan Palestina,” tambahnya.

India

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengatakan negaranya berdiri “dalam solidaritas dengan Israel pada saat yang sulit ini”.

“Sangat terkejut dengan berita serangan teroris di Israel,” kata Modi.

Venezuela

Pemerintah Venezuela menyatakan “keprihatinan mendalam” atas bentrokan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan di X, sebelumnya Twitter, mereka mengatakan pertempuran itu adalah "akibat dari ketidakmungkinan rakyat Palestina untuk menemukan ruang dalam legalitas internasional multilateral untuk menegaskan hak-hak bersejarah mereka".

Yaman

Di Yaman, pemberontak Houthi yang menguasai ibu kota Sanaa menyatakan dukungan mereka terhadap "operasi jihad yang heroik".

Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs kantor berita SABA yang dikuasai Houthi, kelompok militan yang bersekutu dengan Iran mengatakan serangan itu “mengungkapkan kelemahan, kerapuhan dan impotensi” Israel.

Indonesia

Indonesia mendesak agar kekerasan yang terjadi di konflik Palestina-Israel segera dihentikan. Kementerian Luar Negeri RI melalui akun media sosialnya menyebut eskalasi konflik yang meningkat antar kedua pihak berpotensi menyebabkan makin banyak lagi korban manusia yang berjatuhan. (Dengan AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home