Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:56 WIB | Minggu, 17 November 2013

Ribuan Demonstran di Australia Tuntut Aksi Tangani Perubahan Iklim

Warga Brisbane juga melakukan aksi protes untuk National Day of Climate Action. (Foto: abc.net.au)

SYDNEY, Satuharapan.com - Ribuan orang berunjuk rasa pada Minggu (17/11) di seluruh Australia menyerukan tindakan lebih tegas terhadap perubahan iklim, beberapa hari setelah Perdana Menteri baru dari partai konservatif, Tony Abbott, berencana untuk menghapuskan pajak karbon.

Aktivis kelompok GetUp, yang menggelar National Day of Climate Action, diperkirakan bahwa lebih dari 60.000 orang ikut dalam aksi protes tersebut.

“Dari kota-kota terpencil hingga kota-kota besar negara, warga Australia datang dengan keputusan mereka sendiri setelah tahun terpanas dalam rekor kami. Dan mereka menginginkan sebuah tindakan,” kata direktur nasional GetUp Sam Mclean kepada para wartawan.

Australia yang baru saja mengalami cuaca terpanas selama 12 bulan yang pernah terjadi, ditambah dengan kebakaran hutan besar-besaran di negara bagian New South Wales bulan lalu mengalami perdebatan sengit tentang apakah ada hubungan dengan perubahan iklim.

Aksi unjuk rasa tersebut juga diikuti Abbott yang pekan lalu mengajukan RUU ke parlemen untuk mencabut pajak karbon, yang dirancang untuk memerangi perubahan iklim sebagai reformasi ekonomi pertamanya sejak menjabat.

Abbott mengatakan pemilihan pada 7 September yang ia menangkan memilki sebuah referendum mengenai masa depan pajak yang diberlakukan oleh mantan pemerintah dari partai Buruh berkaitan dengan pencemar utama mulai 2012 dalam upaya untuk mengurangi emisi karbon. (AFP/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home