Loading...
SAINS
Penulis: Aninda Cakrawarti 11:59 WIB | Jumat, 16 Agustus 2024

Rumah Kaca Makin Populer, Tetapi Sedikit Penelitian Cara Melindungi Pekerja

Bill Werner, Kepala Manajer Rumah Kaca di College of Agricultural and Environmental Sciences di University of California, Davis, berjalan di antara tanaman dan bantalan pendingin evaporatif di rumah kaca di Core Greenhouse Complex di kampus di Davis, California, Senin, 20 Mei 2024. (Foto: AP/Jeff Chiu)

SATUHARAPAN.COM-Dari ujung dunia yang berlawanan, kondisi tidak nyaman yang dialami Shamim Ahamed dan Purvi Tiwari saat melakukan penelitian Ph.D. terpisah di dalam rumah kaca menginspirasi mereka untuk mempelajari panas di dalam bangunan dalam ruangan.

Tiwari, seorang peneliti di Indira Gandhi Agricultural University di India, menyadari efek rumah kaca yang meningkatkan panas merupakan masalah besar yang harus dipelajari karena dia sendiri mengalami kram kaki, mual, dan pusing yang kemudian dijelaskan oleh petani yang menjadi subjek penelitiannya.

Suhu luar ruangan pada musim panas dapat mencapai 120 derajat Fahrenheit (50 derajat Celsius) di beberapa bagian India, di mana pekerja rumah kaca "merasa tercekik di dalam." Ia menambahkan bahwa dalam lima tahun terakhir, rumah kaca telah menjadi tren karena lahan yang tersedia menyusut di tengah pembangunan.

"Tempat kerja seharusnya tidak membahayakan manusia," katanya. "Jika area tempat kerja itu membahayakan orang tersebut, itu berarti tempat itu tidak baik untuk bekerja. Itu harus diubah."

Di Amerika Serikat, sensus pertanian terbaru menunjukkan jumlah pekerja rumah kaca dan pembibitan di AS telah tumbuh sebanyak 16.000 dalam beberapa tahun terakhir. Namun, tidak ada aturan panas federal meskipun rumah kaca menjadi lebih populer dan jumlah pekerja di dalamnya telah meningkat.

Ada juga sedikit penelitian tentang pengalaman pekerja dan kondisi kerja mereka yang lebih luas, atau tentang cara melindungi orang yang bekerja di dalam lingkungan yang sering kali panas dan lembap. Namun, akademisi dari seluruh dunia, seperti Tiwari dan Ahamed, mencoba untuk menutupi kesenjangan pengetahuan tentang kondisi unik yang dihadapi pekerja pertanian rumah kaca.

Bharat Jayram Venkat, profesor asosiasi dan direktur pendiri Heat Lab UCLA, mengatakan bahwa "ada banyak penelitian tentang pekerja pertanian... tetapi tidak secara khusus melihat rumah kaca." Sebagian besar literatur berfokus pada memaksimalkan pertumbuhan dan produksi tanaman di rumah kaca, bukan pada kesehatan manusia.

"Sekilas memang masuk akal — itulah tujuan sebenarnya rumah kaca. Namun, tentu saja Anda membutuhkan pekerja manusia di rumah kaca tersebut agar berfungsi," katanya, "jadi Anda harus memikirkan kesehatan manusia."

Undang-undang seperti peraturan panas dalam ruangan yang baru-baru ini disetujui di California dan peningkatan jumlah pekerja rumah kaca juga akan meningkatkan minat untuk mempelajarinya, katanya.

Jennifer Vanos, seorang profesor madya di Arizona State University, telah meneliti batas-batas kelangsungan hidup dan kapasitas kerja fisik dalam suhu ekstrem. Menggunakan penelitian yang dipimpin oleh mantan rekan di Loughborough University — yang menilai bagaimana tubuh berfungsi dalam berbagai suhu, kecepatan angin, kelembapan, dan radiasi — Vanos dan rekan-rekannya mempelajari produktivitas pekerja pertanian di planet yang memanas.

Di antara temuan mereka adalah bahwa semakin hangat cuaca, semakin kurang produktif pekerja, yang memiliki implikasi ekonomi. Dalam konteks pertanian, itu bisa berarti lebih sedikit panen dan kebutuhan akan lebih banyak pekerja. Pada akhirnya, hasil mereka menemukan bahwa "agar orang dapat bekerja dengan aman, mereka harus menurunkan detak jantung mereka, yang berarti menurunkan hasil latihan mereka untuk dapat melakukan tugas yang sama di lingkungan yang lebih panas," kata Vanos.

Tanda-tanda stres panas termasuk keringat berlebih, kram, dan detak jantung cepat. Paparan suhu ekstrem dapat meningkatkan risiko cedera karena pusing, lemas, atau pingsan. Dan sengatan panas, penyakit paling serius yang berhubungan dengan panas, dapat terjadi saat tubuh berhenti berkeringat dan suhunya meningkat.

Saat panas bercampur dengan kelembapan, keringat lebih sulit menguap untuk mendinginkan tubuh, sehingga menciptakan situasi yang berpotensi lebih berbahaya.

“Saat udara sudah benar-benar jenuh dengan uap air… kemampuan keringat untuk menguap sangat berkurang,” kata Venkat. “Itu berarti risiko Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan panas atau bahkan kematian akan jauh lebih tinggi.”

Menutup Celah Penelitian

Peneliti Tiwari dan Ahamed kini telah menerbitkan makalah tentang lingkungan rumah kaca. Ahamed, yang kini menjadi asisten profesor di Departemen Teknik Biologi dan Pertanian di UC Davis, mempelajari risiko paparan panas di rumah kaca berteknologi tinggi, membandingkan dampaknya terhadap pekerja saat alat seperti "kulit" peneduh digunakan di rumah kaca untuk menjaga suhu tetap dingin.

Tiwari berbicara kepada para pekerja di India yang mengalami mual, kantuk, dan dehidrasi, dan dia beserta timnya menemukan bahwa pekerja rumah kaca yang bekerja di tengah hari memiliki detak jantung kerja rata-rata 20% lebih tinggi daripada mereka yang bekerja di ladang terbuka.

Ahamed mengatakan penelitian Tiwari tergolong langka. Banyak penelitian yang ada dilakukan di negara-negara di luar AS. Dan meskipun penelitian dilakukan di AS, sulit untuk mendapatkan ukuran sampel yang tepat untuk pekerja rumah kaca secara khusus.

Misalnya, para peneliti di UC Merced menemukan tingkat kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan cacat lahir yang lebih tinggi pada pekerja pertanian hamil di seluruh bidang – termasuk pekerja ladang dan pembibitan.

Sebuah penelitian dari Iran menemukan dampak serupa pada pekerja rumah kaca di sana, tetapi tim UC Merced mengatakan bahwa mereka tidak memiliki cukup pekerja pertanian dalam ruangan yang hamil untuk melihat hasil itu sendiri dengan yakin.

Ahamed mengatakan, celah dalam literatur telah menyebabkan "kesenjangan besar tentang bagaimana hal-hal ini dapat diatur atau distandarisasi." Ia berpendapat perlu ada kode bangunan berdasarkan paparan sinar UV, panas, dan kelembapan serta prosedur keselamatan bagi pekerja di dalamnya.

Namun, dengan begitu banyaknya teknologi rumah kaca yang digunakan – mulai dari pertanian besar di lahan yang luas hingga iklim mikro yang dibuat dengan pengaturan "terowongan tinggi" atau "rumah lengkung" yang melibatkan lengkungan plastik di atas sebagian kecil lahan – pilihan yang beragam tetap menjadi masalah dalam penerapan standar.

Namun, ia berpendapat bahwa protokol yang berbeda dapat diterapkan tergantung pada jenis rumah kaca yang ada. "Untuk ini, mereka perlu menyelidiki, untuk menemukan beberapa rekomendasi," kata Ahamed. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home