Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Selasa, 10 September 2024

Salinan Langka Konstitusi AS Yang Berabad-abad Hilang Akan Lilelang

Salinan Konstitusi Amerika Serikat tahun 1787 yang terjual seharga US$43,2 juta, rekor dunia baru untuk dokumen sejarah paling berharga yang pernah dijual dalam sebuah lelang, di Sotheby's di kawasan Manhattan, New York City, New York, AS, pada9 September 2021. (Foto: dok. Reuters)

NORTH CAROLINA, SATUHARAPAN.COM-Penilai dan kolektor dokumen sejarah Seth Kaller membentangkan selembar kertas lebar di atas meja. Kondisinya cukup baik sehingga ia dapat menanganinya dengan hati-hati, dengan tangan kosong yang bersih.

Hanya ada beberapa lipatan dan perubahan warna kecil, meskipun usianya baru beberapa pekan menjelang 237 tahun dan telah tersimpan entah berapa lama di dalam lemari arsip di North Carolina.

Di bagian atas halaman pertama terdapat kata-kata yang sudah dikenal tetapi dalam jenis huruf biasa, bukan aksara Gotik yang biasa kita lihat: "KAMI, Rakyat ..."

Dan rakyat akan mendapatkan kesempatan untuk menawar salinan Konstitusi Amerika Serikat ini — satu-satunya yang diperkirakan dimiliki oleh swasta — pada penjualan oleh Brunk Auctions pada tanggal 28 September di Asheville, Carolina Utara.

Tawaran minimum untuk lelang tersebut adalah $1 juta. Tidak ada harga minimum yang harus dicapai.

Salinan ini dicetak setelah Konvensi Konstitusi menyetujui kerangka kerja pemerintahan negara yang diusulkan pada tahun 1787, dan diratifikasi oleh Kongres dari pemerintahan Amerika pertama yang tidak efektif berdasarkan Articles of Confederation.

Salinan ini merupakan salah satu dari sekitar 100 salinan yang dicetak oleh sekretaris Kongres tersebut, Charles Thomson. Hanya delapan yang diketahui masih ada, dan tujuh lainnya dimiliki oleh publik.

Thomson kemungkinan menandatangani dua salinan untuk masing-masing dari 13 negara bagian asli, yang pada dasarnya mengesahkannya. Mereka dikirim ke konvensi pengesahan khusus, tempat para perwakilan, yang semuanya berkulit putih dan laki-laki, bergumul selama berbulan-bulan sebelum menerima struktur pemerintahan Amerika Serikat yang berlanjut hingga saat ini.

“Ini adalah titik hubungan antara pemerintah dan rakyat. Pembukaan — ‘kita rakyat’ — inilah saat pemerintah meminta rakyat untuk memberdayakan mereka,” kata juru lelang Andrew Brunk.

Apa yang terjadi dengan dokumen yang dilelang antara tanda tangan Thomson dan tahun 2022 tidak diketahui.

Dua tahun lalu, sebuah properti sedang dibersihkan di Edenton di Carolina Utara bagian timur yang dulunya dimiliki oleh Samuel Johnston. Ia adalah gubernur Carolina Utara dari tahun 1787 hingga 1789, dan ia mengawasi konvensi negara bagian selama tahun terakhirnya menjabat yang meratifikasi Konstitusi.

Salinan itu ditemukan di dalam lemari arsip logam dua laci yang pendek dengan kaleng pewarna di atasnya, di ruangan yang sudah lama terbengkalai yang dipenuhi dengan kursi-kursi tua dan rak buku berdebu, sebelum rumah Johnston lama dilestarikan. Dokumen tersebut berupa lembaran lebar yang dapat dilipat sekali seperti buku.

“Saya menerima telepon setiap pekan dari orang-orang yang mengira mereka memiliki Deklarasi Kemerdekaan atau Pidato Gettysburg dan sebagian besar waktu itu hanyalah replika, tetapi kadang-kadang sesuatu yang penting ditemukan,” kata Kaller, yang menilai, membeli, dan menjual dokumen bersejarah.

“Ini adalah tingkat kepentingan yang sama sekali berbeda,” tambahnya.

Bersama dengan Konstitusi pada lembaran lebar yang dicetak bagian depan dan belakang terdapat surat dari George Washington yang meminta ratifikasi. Ia mengakui harus ada kompromi dan bahwa hak-hak yang dinikmati negara bagian harus dilepaskan demi kesehatan jangka panjang bangsa.

“Untuk mengamankan semua hak kedaulatan independen bagi masing-masing orang dan sekaligus menyediakan kepentingan dan keamanan bagi semua orang — individu yang memasuki masyarakat harus melepaskan sebagian kebebasan untuk mempertahankan sisanya,” tulis pria yang kemudian menjadi presiden pertama AS.

Brunk tidak yakin apa isi dokumen tersebut karena sangat sedikit yang dapat dibandingkan dengannya. Terakhir kali salinan Konstitusi seperti ini terjual adalah seharga US$400 pada tahun 1891.

Pada tahun 2021, Sotheby's di New York menjual satu dari hanya 13 salinan Konstitusi yang tersisa yang dicetak untuk Kongres Kontinental dan delegasi ke Konvensi Konstitusi seharga US$43,2 juta, sebuah rekor untuk sebuah buku atau dokumen.

Namun, dokumen tersebut sebagian besar untuk penggunaan internal dan perdebatan oleh para Bapak Pendiri. Salinan yang akan dijual akhir bulan ini dimaksudkan untuk dikirimkan kepada orang-orang di seluruh negeri untuk ditinjau dan diputuskan apakah memang seperti itu cara mereka ingin diperintah, yang menghubungkan para penulis Konstitusi dengan orang-orang di negara bagian yang akan memberikan kekuatan dan legitimasinya.

Daftar lelang tersebut tidak mengidentifikasi penjualnya, dan mengatakan bahwa itu adalah bagian dari koleksi yang dimiliki oleh pihak swasta.

Barang-barang lain yang dilelang di Asheville termasuk draf pertama Articles of Confederation tahun 1776 dan Jurnal Konvensi Carolina Utara tahun 1788 di Hillsborough, di mana para perwakilan menghabiskan waktu dua pekan untuk berdebat apakah meratifikasi Konstitusi akan memberikan terlalu banyak kekuasaan kepada negara alih-alih negara bagian. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home