Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:01 WIB | Senin, 18 Januari 2016

Satpol PP akan Diperlengkapi Senjata Api

Ilustrasi. Puluhan aparat Satpol PP saat akan melakukan penertiban terhadap bangunan semi permanen kios PKL yang berjualan di tempat yang bukan peruntukkannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengusulkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta harus dipersenjatai.Menurutnya, langkah tersebut dipakai sebagai antisipasi pengamanan jika sewaktu-waktu menghadapi aksi teroris ataupun kriminalitas.

"Satpol PP pegang saja pistol yang peluru karet atau pistol listrik," kata dia, saat Rapat Pemimpin (rapim), di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (18/1).

Menurut Ahok, rencana tersebut agar Satpol PP bisa lebih sigap jika terjadi sesuatu. Mengingat pada aksi teroris di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, beberapa anggota kepolisian tertembak karena tidak memiliki senjata.

"Beberapa Polantas, kemarin tidak bisa melawan karena tidak punya senjata," kata dia.

Namun sebelumnya, lanjut Basuki, anggota Satpol PP yang akan memegang senjata harus lebih dahulu mengikuti serangkaian tes. Rencananya, Pemprov DKI juga akan menghibahkan senjata untuk polisi.

"Kami anggarkan untuk beli senjata api, dihibahkan ke polisi atau kalau tidak bisa, dipinjamkan saja. Sehingga Polantas kita ada pegangan," kata Ahok.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home