Loading...
INDONESIA
Penulis: Windrarto 12:44 WIB | Senin, 05 Agustus 2013

Sehari Jelang Lebaran, Jalur Puncak untuk Kendaraan Wisata

Jalur Wisata Puncak, Jawa Barat. (Antara)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM - Sehari menjelang  Lebaran  hingga hari kedua Idul Fitri, jalur wisata Puncak diprioritaskan untuk kendaraan  wisata.  Bagi masyarakat yang hendak mudik melalui jalur selatan diimbau tidak melintas di kawasan Puncak, Jawa Barat, agar tidak terjebak pada kemacetan lalu lintas di sana.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Muhammad Chaniago, mengatakan sejak tiga hari menjelang Lebaran polisi telah menyebarkan informasi kepada masyarakat melalui media massa dan jejaring sosial agar menggunakan jalur alternatif menuju ke Cianjur dan Sukabumi.

"Imbauan ini kami lakukan agar masyarakat nantinya tidak terjebak kemacetan arus di Puncak dan Ciawi, karena pada H-1 hingga H+2 itu jalur diprioritaskan untuk kendaraan wisata. Jika tidak ingin terjebak kemacetan, gunakan jalur alternatif," katanya di Bogor, Senin (5/8) siang. Jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik seperti Transyogi, Jonggol dan Bogor-Ciawi-Sukabumi.

Untuk pengamanan di jalur wisata itu, sebanyak  580 polisi dikerahkan Polres Bogor untuk mengatur dan mengamankan lalu lintas kendaraan di kawasan Puncak dan Ciawi. Tiga hari menjelang Lebaran arus lalu lintas di kawasan Puncak dan Ciaw terpantau mulai meningkat. Tidak hanya yang bermobil, tapi  pemudik berkendaraan sepeda motorpun bertambah banyak.

"Peningkatan jumlah arus pemudik diprediksikan terjadi hari ini, khususnya sepeda motor.  Pemudik sepeda motor ini sudah ramai terlihat sejak tadi malam," katanya.

Formulasi Pengalihan

Untuk mengantisipasi kemacetan, dia telah menyiapkan formula pengalihan arus kendaraan. "Kami akan melakukan pengalihan arus kendaraan roda doa dan melakukan penyekatan-penyekatan agar kendaraan yang ingin ke Puncak dan Ciawi dibuat berputar masuk ke dalam tol,"  papar Muhammad Chaniago.

Ia merencanakan,  pengalihan arus dan penyekatan mulai diberlakukan setelah sembahyang Maghrib.  Kendaraan yang dari Kota Bogor akan dialihkan masuk tol Ciawi namun hanya sampai rest area dan berputar ke arah Gadog.

"Ini berlaku untuk roda dua dan roda empat. Jadi kendaraan yang dari Kota Bogor atau arah Tajur saat berada di Simpang Ciawi akan diarahkan masuk ke arah tol, namun tidak sampai masuk gerbang tol. Kendaraan berputar dekat rest area dan menuju Gadog," kata dia.

Begitu pula dengan kendaraan yang datang dari arah Puncak, setibanya di Simpang Gadog akan dialihkan ke Pasir Muncang, sehingga kendaraan akan keluar di Ciawi dan berbelok ke di Simpang Ciawi menuju Tajur.

Pengalihan tersebut, lanjutnya, untuk mengurai kemacetan menjelang  libur Lebaran. Dia memperkirakan, pada malam takbiran masyarakat akanmemadati ruas jalan di sana. Kemacetan akan terjadi karena  aktivitas ekonomi di pasar tumpah khususnya di Pasar Ciawi.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home