Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 13:27 WIB | Senin, 05 Agustus 2013

Dua Gempa Terjadi di Indonesia Timur Pagi Ini

Dua Gempa Terjadi di Indonesia Timur Pagi Ini
Lokasi gempa di dekat Kota Sorong, Papua Barat. (Foto; bmkg.go.id)
Dua Gempa Terjadi di Indonesia Timur Pagi Ini
Pemudik membeli tiket di luar loket di Pelabuhan Waisai, Raja Ampat. (Foto: Sabar Subekti)

SORONG, SATUHARAPAN.COM - Dua gempa berkekuatan 5.0 skala richter terjadi masing-masing terjadi di lepas pantai timur Indonesia pada hari Senin  (5/8) pagi. Gempa pertama terjadi di Provinsi Maluku Utara dan gempa kedua terjadi Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, pusat gempa pertama tejadi pada kedalaman 83 kilometer di Halmahera Barat, pukul 02.16 WIT (Waktu Indonesia Timur) atau pukul 00.16 Waktu Indonesia Barat (WIB). Pusat gempa ada di 53 kilometer barat laut Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Gempa kedua terjadi  pada kedalaman  12 kilometer di barat daya  Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Gempa ini terjadi pada sekitar pukul 05.20 Waktu Indonesia Timur (WIT) atau pukul 03.20 Waktu Indonesia Barat. Getaran gempa terasa, namun berlangsung singkat. Sempat mengejutkan warga, tetapi tidak menimbulkan kepanikan.

Wartawan satuharapan.com yang berada di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, pagi itu, menyaksikan banyak warga yang merasakan getaran gempa. Namun tidak ada kerusakan yang terjadi akibat gempa ini. Sejak awal pihak BMKG juga menyebutkan tidak ada potensi tsunami.

Sementara itu, siang hari ketika sampai di Sorong dari Waisai, warga juga menyebutkan pagi tadi terjadi gempa, dan warga merasakan geratannya. Namun tidak ada kepanikan, karena hanya sebentar. Sejauh ini tidak ada laporan tentang kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut.

Sementara itu, kesibukan di pelabuhan di Waisai dan di Sorong terlihat makin tinggi dan tidak terpengaruh oleh adanya gempa. Kesibukan di pelabuhan meningkat karena makin banyak penumpang kapal yang akan berlayar menuju berbagai kota, terutama ke Makassar dan kota-kota di Jawa. Mereka adalah pemudik yang pulang kampung pada musim libur hari raya Idul Fitri.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home