Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:57 WIB | Senin, 15 Mei 2023

Seorang Sherpa, Pemandu Pendakian Nepal, 26 Kali Mencapai Puncak Everest

Dia menyamai rekor sesama Sherpa yang telah dua kali mencapai puncak Everest dalam memandu pendaki.
Seekor burung terbang dengan Gunung Everest terlihat di latar belakang dari Namche Bajar, distrik Solukhumbu, Nepal, 27 Mei 2019. Seorang pemandu Sherpa mendaki Gunung Everest pada hari Minggu untuk ke-26 kalinya, menyamai rekor yang dibuat oleh sesama pemandu Nepal untuk pendakian terbanyak dari puncak tertinggi dunia. (Foto: dok. AP/Niranjan Shrestha)

KATHMANDU, SATUHARAPAN.COM-Pemandu Sherpa di Nepal mendaki Gunung Everest pada hari Minggu (14/5) untuk ke-26 kalinya. Dia menyamai rekor yang dibuat oleh sesama pemandu Nepal untuk pendakian terbanyak di puncak tertinggi dunia.

Pasang Dawa Sherpa mencapai puncak pada hari Minggu pagi bersama dengan seorang pendaki Hungaria, menurut penyelenggara ekspedisi, Imagine Nepal Treks.

Gelombang pertama pendaki mencapai puncak akhir pekan ini saat Sherpa memandu tali tetap dan membuat jalur untuk ratusan pendaki yang akan mencoba mendaki puncak selama beberapa pekan ke depan.

Sejak pertama kali berhasil mendaki puncak pada tahun 1998, Dawa telah melakukan perjalanan hampir setiap tahun.

Pemandu gunung berpengalaman, Kami Rita, sebelumnya memegang rekor pendakian Gunung Everest terbanyak setelah perjalanan suksesnya yang ke-26 tahun lalu. Rita diperkirakan akan mencoba mendaki puncak lagi akhir bulan ini saat dia membimbing pendaki asing ke puncak dunia.

Pendaki umumnya mencapai base camp gunung pada bulan April dan menghabiskan waktu beberapa pekan untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian, medan yang berat, dan udara tipis sebelum mereka mendaki lereng gunung. Menjelang pekan pertama atau kedua bulan Mei, mereka biasanya berupaya mencapai puncak.

Pendakian tahun ini sedikit tertunda setelah tiga pendaki Sherpa jatuh ke jurang yang dalam di bagian gunung yang berbahaya pada bulan April. Tim penyelamat belum dapat menemukan mereka.

Dengan dibukanya rute ke puncak, upaya terburu-buru untuk melakukan upaya mereka diharapkan dalam beberapa pekan ke depan karena otoritas Nepal telah mengeluarkan hampir 470 izin untuk pendakian Everest selama musim pendakian musim semi yang populer.

Tahun ini juga menandai peringatan 70 tahun pendakian pertama Gunung Everest pada tahun 1953 oleh Edmund Hillary dari Selandia Baru dan pemandu Sherpa-nya Tenzing Norgay. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home