Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:27 WIB | Sabtu, 29 Juli 2023

Serangan Bom Mobil di Damaskus, Suriah, Menjelang Perayaan Hari Asyura

Gambar ini dirilis televisi Suriah di saluran Telegram mereka menunjukkan orang-orang berkumpul di lokasi ledakan di kota Sayyida Zeinab di pinggiran Damaskus pada 27 Juli 2023. (Foto: AFP)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM-Sebuah bom yang ditanam di sebuah kendaraan meledak di pinggiran kota Damaskus dekat kuil Sayyida Zeinab pada hari Kamis (27/7), menewaskan beberapa orang dan melukai lainnya, lapor media pemerintah Suriah.

Seorang reporter untuk televisi pemerintah Suriah mengatakan jumlah korban tewas awal menunjukkan sebanyak enam orang mungkin telah meninggal. Stasiun tersebut menyiarkan cuplikan bagian depan mobil yang hangus.

Foto-foto yang dibagikan oleh Al-Ikhbariya dan media pro pemerintah menunjukkan taksi yang hangus itu dikelilingi oleh banyak orang dan pria berseragam militer. Bangunan-bangunan di daerah itu memiliki bendera dan spanduk Asyura berwarna hijau, merah, dan hitam.

Dalam sebuah video yang dibagikan di media sosial, orang-orang membawa dua pria berlumuran darah dan debu dari tanah sambil meminta bantuan. Fasad kaca toko-toko di dekatnya telah hancur, sementara salah satunya terbakar.

Lingkungan ini dinamai dari kuil Sayida Zeinab, cucu perempuan Nabi Muhammad.

Melindungi tempat suci menjadi seruan bagi para pejuang Syiah di tahun-tahun awal konflik, karena berubah dari pemberontakan anti-pemerintah menjadi perang saudara sektarian.

Ledakan mematikan itu terjadi menjelang peringatan tahunan Asyura, ketika Muslim Syiah memperingati kematian Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, dalam pertempuran abad ketujuh.

Ledakan tersebut merupakan yang kedua di lingkungan Sayyida Zeinab pada hari-hari menjelang Asyura. Pada hari Selasa (25/7), media pemerintah Suriah mengutip seorang pejabat polisi mengatakan bahwa dua warga sipil terluka setelah sebuah sepeda motor yang berisi bahan peledak diledakkan. (Al Arabiya, SANA)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home