Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:58 WIB | Senin, 10 Juni 2024

Serangan Israel di Sekolah Gaza, 33 orang Tewas, Militer Klaim Hamas Beroperasi di Sana

Warga Palestina menyaksikan dampak serangan Israel terhadap sekolah milik PBB yang menewaskan puluhan orang di kamp pengungsi Nusseirat di Jalur Gaza, Kamis, 6 Juni 2024. Militer Israel mengatakan militan Hamas beroperasi dari dalam sekolah tersebut . (Foto: AP/Ismael Abu Dayyah)

DEIR AL-BALAH-JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Serangan Israel pada hari Kamis (5/6) pagi terhadap sebuah sekolah yang menampung pengungsi Palestina di Gaza tengah menewaskan sedikitnya 33 orang, termasuk 12 perempuan dan anak-anak, menurut pejabat kesehatan setempat. Militer Israel mengatakan bahwa militan Hamas beroperasi dari dalam sekolah.

Ini adalah contoh terbaru mengenai jatuhnya korban massal di kalangan warga Palestina yang berusaha mencari perlindungan ketika Israel memperluas serangannya. Sehari sebelumnya, militer mengumumkan serangan darat dan udara baru di Gaza tengah, mengejar militan Hamas yang dikatakan telah berkumpul kembali di sana.

Pasukan berulang kali menyerbu kembali wilayah Jalur Gaza yang sebelumnya mereka serang, hal ini menunjukkan ketangguhan kelompok militan tersebut meskipun Israel melakukan serangan gencar selama hampir delapan bulan.

Para saksi mata dan pejabat rumah sakit mengatakan serangan dini hari itu menghantam Sekolah al-Sardi, yang dijalankan oleh badan PBB untuk pengungsi Palestina yang dikenal dengan singkatan UNRWA. Sekolah itu dipenuhi warga Palestina yang melarikan diri dari operasi dan pemboman Israel di Gaza utara, kata mereka.

Rumah sakit awalnya melaporkan bahwa sembilan perempuan dan 14 anak-anak termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan di sekolah tersebut. Kamar mayat rumah sakit kemudian mengubah catatan tersebut untuk menunjukkan bahwa korban tewas termasuk tiga perempuan, sembilan anak-anak, dan 21 pria. Belum jelas apa yang menyebabkan perbedaan tersebut. Seorang reporter Associated Press telah menghitung mayat-mayat tersebut tetapi tidak dapat melihat di balik kain kafan tersebut.

Serangan terpisah di Gaza tengah menewaskan 15 orang lainnya, hampir semuanya laki-laki.

Ayman Rashed, seorang pria pengungsi dari Kota Gaza yang berlindung di sekolah tersebut, mengatakan bahwa rudal tersebut menghantam ruang kelas di lantai dua dan tiga tempat para keluarga berlindung. Dia mengatakan dia membantu membawa lima orang tewas, termasuk seorang lelaki tua dan dua anak, salah satunya dengan kepala hancur. “Saat itu gelap, tidak ada listrik, dan kami berjuang untuk mengeluarkan para korban,” kata Rashed.

Pernyataan IDF dan UNRWA

Laksamana Muda Daniel Hagari, juru bicara militer Israel, mengatakan pihaknya melakukan “serangan tepat” berdasarkan intelijen nyata bahwa militan merencanakan dan melakukan serangan dari dalam tiga ruang kelas. Dia mengatakan hanya kamar-kamar itu yang diserang.

“Kami melakukan serangan setelah intelijen dan pengawasan kami menunjukkan bahwa tidak ada perempuan atau anak-anak di dalam kompleks Hamas, di dalam ruang kelas tersebut,” katanya.

Hagari mengatakan ada sekitar 30 tersangka militan di tiga ruangan tersebut. Dia mengatakan militer telah mengkonfirmasi pembunuhan sembilan dari mereka, dan menampilkan slide yang menunjukkan nama dan foto mereka. Dia tidak memberikan bukti lain untuk mendukung klaim militer tersebut.

Korban dari serangan tersebut tiba di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di dekat Deir al-Balah, yang sudah dipenuhi oleh aliran ambulans sejak serangan di Gaza tengah dimulai 24 jam sebelumnya, kata Omar al-Derawi, seorang fotografer yang bekerja untuk rumah Sakit.

Video yang beredar online menunjukkan beberapa orang yang terluka dirawat di lantai rumah sakit, sebuah pemandangan umum di bangsal medis Gaza yang kewalahan. Listrik di sebagian besar rumah sakit padam karena staf menjatah pasokan bahan bakar untuk generator.

“Anda tidak bisa berjalan di rumah sakit – ada begitu banyak orang. Perempuan dari keluarga korban berkumpul di lorong sambil menangis,” katanya.

Sekolah tersebut berada di Nuseirat, salah satu dari beberapa kamp pengungsi yang dibangun di Gaza sejak perang tahun 1948 seputar pembentukan Israel, ketika ratusan ribu warga Palestina melarikan diri atau diusir dari rumah mereka di negara yang kemudian menjadi negara baru tersebut.

Rekaman menunjukkan jenazah yang dibungkus selimut atau kantong plastik dibaringkan di halaman rumah sakit. Mohammed al-Kareem, seorang pengungsi Palestina yang berlindung di dekat rumah sakit, mengatakan dia melihat orang-orang mencari orang yang mereka cintai di antara mayat-mayat, dan seorang perempuan terus meminta pekerja medis untuk membuka bungkus mayat tersebut untuk melihat apakah putranya ada di dalam. “Situasinya tragis,” katanya.

Philippe Lazzarini, komisaris jenderal UNRWA, mengatakan dalam sebuah postingan di X bahwa 6.000 orang berlindung di sekolah tersebut ketika sekolah tersebut diserang tanpa peringatan sebelumnya. Dia mengatakan UNRWA tidak dapat memverifikasi klaim bahwa ada kelompok bersenjata di dalamnya.

Sekolah-sekolah UNRWA di Gaza telah berfungsi sebagai tempat perlindungan sejak dimulainya perang, yang telah memaksa sebagian besar penduduk Palestina yang berjumlah 2,3 juta jiwa meninggalkan rumah mereka.

Pekan lalu, serangan Israel terjadi di dekat fasilitas UNRWA di kota selatan Rafah, dan menyatakan bahwa mereka menargetkan militan Hamas. Kebakaran melanda tenda-tenda di sekitar perumahan keluarga pengungsi, menewaskan sedikitnya 45 orang.

Kematian tersebut memicu kemarahan internasional dan Perdana Menteri IsraelMenteri Benjamin Netanyahu mengatakan kebakaran itu adalah akibat dari “kecelakaan tragis.” Militer mengatakan kebakaran itu mungkin disebabkan oleh ledakan sekunder. Penyebab ledakan belum diketahui.

Israel mengirim pasukan ke Rafah pada awal Mei dalam serangan terbatas, namun pasukan tersebut kini beroperasi di bagian tengah kota. Lebih dari  satu juta orang telah meninggalkan Rafah sejak dimulainya operasi, tersebar di Gaza selatan dan tengah ke tenda-tenda baru atau memadati sekolah dan rumah.

Israel melancarkan kampanyenya di Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober ke Israel, yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 250 orang lainnya. Serangan Israel telah menewaskan sedikitnya 36.000 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang tidak membedakan antara pejuang dan warga sipil dalam angkanya.

Israel menyalahkan Hamas atas kematian warga sipil karena mereka menempatkan amunisi, terowongan, dan peluncur roket di daerah pemukiman.

Amerika Serikat telah mendukung gencatan senjata bertahap dan pembebasan sandera yang digariskan oleh Presiden Joe Biden pekan lalu. Namun Israel mengatakan mereka tidak akan mengakhiri perang tanpa menghancurkan Hamas, sementara kelompok militan tersebut menuntut gencatan senjata jangka panjang dan penarikan penuh pasukan Israel.

Anggota sayap kanan pemerintahan Netanyahu mengancam akan menjatuhkan koalisi jika dia menandatangani perjanjian gencatan senjata.

Israel secara rutin melancarkan serangan udara di seluruh wilayah Gaza sejak dimulainya perang dan telah melakukan operasi darat besar-besaran di dua kota terbesar di wilayah tersebut, Kota Gaza dan Khan Younis, yang menyebabkan sebagian besar wilayah tersebut hancur.

Militer melancarkan serangan awal tahun ini selama beberapa pekan di Bureij dan beberapa kamp pengungsi terdekat di Gaza tengah.

Pasukan ditarik keluar dari kamp Jabalia di Gaza utara pada Jumat lalu setelah pertempuran berminggu-minggu yang menyebabkan kehancuran luas. Petugas pertolongan pertama telah menemukan 360 mayat, sebagian besar perempuan dan anak-anak, yang tewas dalam pertempuran tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home