Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:37 WIB | Jumat, 08 Desember 2023

Serangan Roket di Zona Hijau Baghdad, Tempat Kedubes Negara Asing

Pemandangan umum menunjukkan kedutaan Amerika Serikat di seberang sungai Tigris di ibu kota Irak, Baghdad, pada 3 Januari 2020. (Foto: dok.AFP)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Zona Hijau yang dijaga ketat di Baghdad,  Irak, yang menampung Kedutaan Besar Amerika Serikat, menjadi sasaran beberapa serangan roket saat fajar pada hari Jumat (8/12), kata dua sumber keamanan, sambil mencatat bahwa tidak jelas di mana roket-roket itu mengenai sasaran dan apakah ada kerusakan.

Ledakan terdengar di dekat kedutaan, di ibukota Irak sekitar jam 4 pagi pada hari Jumat, dan sirene yang menyerukan masyarakat untuk “merunduk dan berlindung” diaktifkan, menurut video media sosial dari tempat kejadian yang diverifikasi oleh sumber informasi.

Juru bicara kedutaan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Belum jelas apakah sistem pertahanan udara kedutaan diaktifkan.

Pasukan AS di pangkalan militer di Irak dan Suriah telah menghadapi lebih dari 70 serangan sejak pertengahan Oktober yang diklaim dilakukan oleh organisasi payung kelompok bersenjata Syiah Irak, meskipun misi diplomatik tidak dilakukan.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kedutaan AS pada hari Jumat.

Kedutaan Besar AS di Bagdad mendesak pemerintah Irak untuk melindungi personelnya, setelah roket menargetkan misi diplomatik di Zona Hijau dengan keamanan tinggi di kota itu pada hari Jumat.

“Kami sekali lagi menyerukan kepada pemerintah Irak… untuk melindungi personel dan fasilitas mitra diplomatik dan koalisi,” kata juru bicara kedutaan dalam sebuah pernyataan, setelah “dua roket” ditembakkan ke misi tersebut tanpa menimbulkan korban jiwa. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home