Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:49 WIB | Jumat, 28 Juni 2024

Siapa Itu Hizbullah, Yang Didukung Iran dan Dapat Berperang Habis-habisan Melawan Israel?

Siapa Itu Hizbullah, Yang Didukung Iran dan Dapat Berperang Habis-habisan Melawan Israel?
Militan Hizbullah terlibat dalam latihan militer di desa Aarama, Distrik Jezzine, Lebanon Selatan pada 21 Mei 2023. (Foto: dok. AP/Hassan Ammar)
Siapa Itu Hizbullah, Yang Didukung Iran dan Dapat Berperang Habis-habisan Melawan Israel?
Pasukan penjaga perdamaian PBB dari Spanyol mengawasi desa pebatasan Lebanon dengan Israel di kota Marjayoun pada 10 Januari 2024. (Foto: dok. AP/Hussein Malla)
Siapa Itu Hizbullah, Yang Didukung Iran dan Dapat Berperang Habis-habisan Melawan Israel?
Asap hitam membubung setelah serangan Israel diluar Aita Al-Shaab, desa perbatasan Lebanon dengan Israel pada 4 November 2023. (Foto: dok. AP/Hussein Malla)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Setelah lebih dari delapan bulan konflik skala kecil, Israel dan kelompok militan Lebanon Hizbullah mengancam perang habis-habisan.

Amerika Serikat dan komunitas internasional sedang melobi agar situasi tetap tenang dan penuh harapan akan solusi diplomatik. Sejauh ini upaya-upaya tersebut belum berhasil dan waktu untuk penyelesaian politik mungkin sudah habis.

Jika perang pecah, Israel akan menghadapi musuh yang jauh lebih tangguh di Lebanon dibandingkan dengan Hamas di Jalur Gaza.

Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, memperingatkan Israel pekan lalu bahwa kelompoknya memiliki senjata dan kemampuan baru, dan mereka telah menerbitkan rekaman drone pengintai yang diambil jauh di dalam WILAYAH Israel utara yang menunjukkan pelabuhan Haifa dan lokasi lain yang jauh dari perbatasan Lebanon-Israel.

Melihat bagaimana Hizbullah menjadi kekuatan non negara yang paling kuat di kawasan itu.

Siapa Itu Hizbullah?

Didirikan pada tahun 1982 selama perang saudara di Lebanon, tujuan awal Hizbullah adalah mengakhiri pendudukan Israel di Lebanon selatan. Hal ini dicapai pada tahun 2000.

Hizbullah adalah kelompok Muslim Syiah dan bagian dari kumpulan faksi dan pemerintah yang didukung Iran yang dikenal sebagai Poros Perlawanan. Mereka adalah kelompok pertama yang didukung dan digunakan Iran sebagai cara untuk mengekspor Islamisme politik mereka.

Pada awalnya kelompok ini menyerang sasaran-sasaran Amerika Serikat, menyebabkan Washington menetapkannya sebagai organisasi teroris.

“Dukungan Iran telah membantu Hizbullah mengkonsolidasikan posisinya sebagai aktor politik paling kuat di Lebanon serta aktor militer paling lengkap yang didukung oleh Iran di seluruh Timur Tengah,” kata Lina Khatib, direktur SOAS Middle East Institute di London.

Pejuang Hizbullah menyergap patroli Israel pada tahun 2006 dan menyandera dua tentara Israel. Hizbullah dan Israel terlibat perang selama sebulan yang berakhir seri, namun pemboman Israel menimbulkan kehancuran luas di Lebanon selatan.

Tujuan Israel adalah melenyapkan Hizbullah namun kelompok Lebanon tampil lebih kuat dan menjadi kekuatan militer dan politik utama di perbatasan utara Israel.

Penentang dalam negeri mengkritik Hizbullah karena mempertahankan persenjataannya dan mendominasi pemerintahan. Reputasi Hizbullah juga terpuruk ketika mereka sempat merebut sebagian wilayah Beirut pada Mei 2008 setelah pemerintah Lebanon mengambil tindakan terhadap jaringan telekomunikasi swastanya.

Kemampuan militer Hizbullah juga meningkat, dan mereka memainkan peran penting dalam perang saudara di Suriah, sehingga membuat Presiden Bashar al-Assad tetap berkuasa. Dan hal ini telah membantu melatih milisi yang didukung Iran di Suriah dan Irak, serta pemberontak Houthi di Yaman.

Apa Saja Kemampuan Militer Hizbullah?

Sepanjang konflik terbarunya dengan Israel, Hizbullah secara bertahap memperkenalkan senjata baru ke dalam gudang senjatanya, terutama setelah Israel memulai invasi darat ke kota selatan Rafah di Gaza pada awal Mei.

Meskipun Hizbullah pada awalnya mulai meluncurkan rudal anti tank Cornet dan salvo roket Katyusha, mereka kemudian mulai menggunakan roket dengan hulu ledak berat, dan akhirnya memperkenalkan drone yang dapat meledak dan rudal permukaan-ke-udara untuk pertama kalinya. Nasrallah mengatakan drone tersebut diproduksi secara lokal dan banyak yang dapat digunakan.

Kelompok ini terutama merilis dua video rekaman dari drone di Haifa dan lokasi lain di Israel utara, yang menunjukkan infrastruktur sipil dan militer yang penting dalam sebuah langkah yang dimaksudkan untuk menunjukkan akses dan kemampuan baru serta mencegah serangan Israel.

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi pekan lalu, Nasrallah mengatakan bahwa kelompok tersebut akan terus menggunakan taktik ini.

“Kami sekarang memiliki senjata baru. Tapi saya tidak akan mengatakan apa itu,” katanya. “Ketika keputusan sudah diambil, mereka akan terlihat di garis depan.”

Bagaimana Hizbullah Dibandingkan Kelompok Lain Yang Didukung Iran?

Hizbullah adalah kekuatan paramiliter paling signifikan di dunia Arab dengan struktur internal yang kuat serta persenjataan yang cukup besar. Israel melihatnya sebagai ancaman paling langsung, dan memperkirakan bahwa mereka memiliki 150.000 roket dan rudal, termasuk rudal berpemandu presisi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hizbullah mengirim pasukan ke Suriah untuk membantu sekutu Iran, Presiden Bashar Assad, melawan kelompok oposisi bersenjata. Hal ini juga mendukung pertumbuhan milisi yang didukung Iran di Irak, Yaman dan Suriah.

Khatib dari SOAS Middle East Institute di London menyamakan Hizbullah dengan “kakak” dari kelompok-kelompok baru yang didukung Iran yang “tidak menikmati tingkat infrastruktur atau disiplin yang sama.”

Hizbullah terikat dengan Iran berdasarkan doktrin. Namun, hubungannya dengan Hamas, sebuah cabang dari gerakan Ikhwanul Muslimin Sunni, didasarkan pada pragmatisme.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa pejabat Hamas, termasuk mantan wakilnya, Saleh al-Arouri, telah pindah ke Lebanon, di mana mereka mendapat perlindungan Hizbullah dan kehadiran di berbagai kamp pengungsi Palestina di Lebanon. Arouri tewas dalam serangan pesawat tak berawak Israel di pinggiran selatan Beirut pada bulan Januari.

Siapakah Hassan Nasrallah?

Lahir pada tahun 1960 dari keluarga yang miskin, keluarga Syiah di pinggiran kota Beirut Bourj Hammoud dan kemudian mengungsi ke Lebanon selatan, Nasrallah belajar teologi dan bergabung dengan gerakan Amal, sebuah organisasi politik dan paramiliter Syiah, sebelum menjadi salah satu pendiri Hizbullah.

Ia menjadi pemimpin Hizbullah pada tahun 1992 setelah pendahulunya terbunuh dalam serangan Israel.

Diidolakan oleh banyak orang karena memimpin penarikan Israel dari wilayah selatan dan memimpin perang tahun 2006, fotonya muncul di papan iklan dan gadget di toko-toko suvenir di Lebanon, Suriah, dan negara-negara lain di dunia Arab. Namun ia juga menghadapi tentangan dari masyarakat Lebanon yang menuduhnya mengaitkan nasib negaranya dengan Iran.

Nasrallah juga dinilai pragmatis, mampu melakukan kompromi politik.

Dia telah hidup dalam persembunyian selama bertahun-tahun, takut akan pembunuhan Israel, dan menyampaikan pidatonya dari lokasi yang dirahasiakan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home