Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:44 WIB | Rabu, 13 Desember 2023

Siklon Tropis Jasper Menerjang Australia, Berpotensi Menimbulkan Banjir

Citra satelit yang diambil Badan Meteorologi pada Rabu (13/12) pagi menunjukkan Siklon Tropis Jasper mendekati pantai Queensland, Australia hari Rabu, 13 Desember 2023. (Foto: Reuters)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM-Topan tropis semakin kuat saat bergerak menuju timur laut Australia pada hari Rabu (13/12), dan pihak berwenang memperingatkan banjir yang “mengancam jiwa” dapat terjadi di wilayah pesisir selama berhari-hari.

Siklon Tropis Jasper diperkirakan akan melanda sekitar pukul 18:00 waktu setempat pada hari Rabu (08:00 GMT), namun para peramal cuaca mengatakan angin kencang telah menerjang beberapa kota.

Sekitar 8.000 rumah sudah tidak mendapat aliran listrik, kata pemerintah negara bagian Queensland, sementara polisi mulai menutup jalan-jalan utama yang diperkirakan akan dilanda banjir.

Ahli meteorologi mengatakan Jasper “menguat” menjadi badai Kategori Dua saat badai itu bergerak menuju daratan melintasi Laut Koral.

Kemungkinan besar akan terjadi banjir bandang dan angin berkecepatan hingga 140 kilometer (87 mil) per jam, kata peramal cuaca Laura Boekel dari Biro Meteorologi pemerintah.

“Kami sudah mulai melihat dampak topan ini dan dampaknya akan semakin buruk seiring dengan berjalannya waktu saat ini,” katanya. “Risiko terbesar saat ini adalah banjir bandang.”

Kota wisata Cairns dan Port Douglas, keduanya merupakan pintu gerbang ke Great Barrier Reef, berada di jalur badai.

Wakil Perdana Menteri, Steven Miles, mengatakan beberapa bagian negara bagian sudah mengalami “kondisi siklon”. Dia mengatakan banjir yang “berbahaya dan mengancam jiwa” bisa bertahan selama “hari-hari mendatang”.

Pihak berwenang memperingatkan adanya kerusakan pada pagar, atap dan properti lainnya, dan mendesak warga untuk mengikat barang-barang yang lepas sebelum badai datang.

Pengawasan banjir diberlakukan di sungai-sungai di seluruh wilayah tersebut dan aliran listrik telah diputus terlebih dahulu di wilayah-wilayah yang diperkirakan akan mengalami kerusakan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home