Loading...
SAINS
Penulis: Melki 17:51 WIB | Rabu, 14 Juni 2023

Software ERP Terbaik Bantu Bisnis Perusahaan, Ketahui Pro dan Kontranya

Ilustrasi. HO

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM- Dalam sebuah bisnis, ada banyak faktor yang bisa memengaruhi produktivitas kerja karyawan. Baik itu faktor internal atau eksternal perusahaan. Beberapa contoh faktornya antara lain pengetahuan, keterampilan atau skill, profesionalitas, sampai dengan tools yang digunakan.

Salah satu tools yang banyak digunakan untuk mendukung produktivitas karyawan adalah software ERP. Ini merupakan alat digital yang difungsikan untuk mengintegrasikan banyak aspek dalam bisnis. 

Software ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sistem informasi yang memfasilitasi manajemen operasional dan proses bisnis perusahaan dengan mengintegrasikan berbagai aktivitas seperti akuntansi, manajemen rantai pasokan, dan layanan pelanggan dalam satu sistem terpusat.

Banyak pilihan software-software ERP yang bertebaran di pasaran. Sebelum itu, mari bahas terlebih dahulu cara kerja dan pro kontra dari software ERP.

Cara Kerja Software ERP

Adanya software ERP sangat membantu dalam berbagai operasional bisnis. Semua informasi terpadu, membuat informasi lebih cepat diakses. Mendapatkan data pun juga mudah dan real time, bisa diakses dimana dan kapan saja. Baik itu dengan desktop atau smartphone.

Perangkat lunak ERP juga bisa digunakan untuk berbagai lini bisnis, mulai dari retail, perbankan, industri manufaktur, wholesale, food and beverages, BUMN, e-commerce, pertambangan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa cara kerja software ERP secara umum ke perusahaan.

Sistem Otomatis

Berbeda dengan cara manual, saat perusahaan sudah menggunakan software ERP, adanya permintaan seperti pesanan pelanggan akan otomatis diberitahukan ke pusat distribusi. Artinya, penggunaan software ERP ini sangat efisien dalam memangkas waktu, pesanan juga bisa lebih cepat ditangani.

Analisis Data

Data diperlukan perusahaan untuk berbagai hal, mulai dari laporan harian sampai pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Dengan software ERP, data yang didapatkan perusahaan akan lebih akurat dan minim human error. Baik itu data untuk sales, pengiriman, dan lain-lain. Adanya software ERP membuat pengambilan keputusan lebih mudah.

Pembagian Data

Software ERP membuat data terintegrasi, sehingga data tersebut bisa dengan mudah diakses oleh berbagai divisi perusahaan. Sehingga, data data yang didapatkan seragam, informasi lebih akurat dan makin cepat. Sudah tidak perlu lagi meeting lama hanya untuk berbagi data antara satu divisi dengan lainnya.

Fitur dapat Dikostumisasi

Selain yang sudah disebutkan, software ERP juga bisa dikostumisasi atau disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa vendor software ERP memang menawarkannya guna memudahkan operasional.

Kelebihan dan Kekurangan Software ERP

Sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menunjang perkembangan sebuah bisnis, tentu saja software ERP memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi yang berencana ingin mengadopsi teknologi satu ini ke bisnis yang sedang dilakukan.

Kelebihan Software ERP

Kelebihan yang pertama adalah, software ERP in membuat proses bisnis jadi lebih efisien. Berbagai data yang dirangkum tersimpan secara otomatis dengan sistem yang baik. Informasi dan database yang tersimpan baik akan membuat bisnis semakin berkembang lagi.

Kedua, informasi yang terdapat di software ERP ini terintegrasi. Sehingga, semuanya bisa dengan mudah mengakses database di dalamnya, asalnya memiliki akses masuk. Sudah tidak ada lagi proses panjang hanya untuk mendapatkan persetujuan departemen lain untuk mengakses informasi.

Ketiga, dalam hal pelaporan bisa tertata dengan lebih rapi. Proses analisis jadi semakin mudah, bahkan software ERP bisa digunakan untuk membuat analisis khusus yang diinginkan.

Kelebihan yang keempat adalah dengan adanya software ERP ini membuat data diakses dengan transparan. Jadi, setiap manajemen atau divisi bisa saling mengontrol jika dirasa ada yang tidak beres. Dengan transparansi yang tinggi, alur kerja juga semakin baik.

Kekurangan Software ERP

Setidaknya ada tiga kekurangan dari software ERP, yaitu dari segi biaya pemeliharaan, penurunan efektivitas, dan satu lagi proses kustomisasi yang lama. Mari bahas satu per satu supaya lebih paham lagi.

Pertama, dalam hal biaya pemeliharaan, bisa sangat tinggi bagi perusahaan yang masih level menengah atau bahkan kecil. Sudah menjadi rahasia umum jika budget hampir selalu jadi masalah bagi perusahaan yang baru saja berkembang.

Kekurangan yang kedua, tidak hanya membutuhkan biaya yang besar, penerapan software ERP juga bisa menurunkan efektivitas. Ada waktu yang dialihkan dari bekerja ke kursus pelatihan menggunakan alat baru. Jika tidak disikapi dengan baik, perusahaan bisa merugi.

Ketiga, proses kustomisasi juga akan mengorbankan banyak hal, mulai dari waktu, uang, tenaga, dan juga skill. Supaya tidak terjadi ketimpangan, ada baiknya untuk bisa menyeimbangkan antara proses kustomisasi dan pemenuhan akan kebutuhan bisnis.

Pilihan Software ERP

Jika Anda tertarik mengaplikasikan software ERP pada bisnis yang sedang dijalani, berikut lima pilihan perangkat lunaknya.

1. Microsoft Dynamics

Seperti namanya, software ERP satu ini merupakan besutan dari Microsoft. Karena itulah, bisa diintegrasikan dengan berbagai aplikasi dari Microsoft seperti Office 365, Outlook, SharePoint, dan lain-lain. Software satu ini sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan karena fitur dan modul yang mempermudah proses bisnis.

Bagi yang tertarik dengan software ini, biayanya yang mencakup modul lengkap dengan implementasi adalah Rp800 juta untuk jumlah pengguna tertentu, tambah lagi jika ingin menambah anggota atau modul baru.

2. Deskera ERP Software

Ada Deskera ERP Software yang juga bisa menjadi salah satu vendor sistem ERP yang bisa dipilih. Berbagai modul ditawarkan, mulai dari inventory management, accounts payable, customer support, dan lain-lain. Teknologi ERP yang diunggulkan berbasis cloud, jadi lebih mudah diakses kapan dan dimana saja.

3. Koneksi.co

Selanjutnya ada koneksi.co yang juga telah dipercaya oleh banyak perusahaan ternama di Tanah Air. Sebut saja Matahari, Astra Infra, Tata, Pertamina, Rucika, dan lain-lain. Ini merupakan vendor lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan kelas internasional. Harganya juga cukup terjangkau, karena itulah jadi andalan berbagai skala lini usaha.

Berbagai kelebihan ditawarkan oleh vendor satu ini, mulai dari dapatkan demo gratis, sudah berbasis cloud, unlimited users, dan lain-lain. Koneksi melayani berbagai skala bisnis, mulai dari UMKM sampai dengan perusahaan besar.

4. SAP Business One

SAP Business One menjadi salah satu vendor software ERP yang populer dengan berbagai modul dan fitur yang ditawarkan. Kliennya datang dari berbagai lini skala bisnis dan tersebar di lebih dari 157 negara dunia. Reputasinya sudah tidak perlu dipertanyakan karena pengalamannya yang mengesankan, perusahaan berdiri sejak tahun 1972.

Software ERP bisa diubah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, dengan pengalamannya yang mengesankan dan fitur-fiturnya, harga ERP dari SAP Business One ini cukup mahal. Meski begitu, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, jika budget memungkinkan, vendor satu ini sangat layak dipertimbangkan.

5. Hashmicro

Selanjutnya ada Hashmicro yang juga tidak kalah kualitasnya dengan harga yang masih bisa dibilang terjangkau. Bagaimana tidak, biaya yang perlu dikeluarkan mulai dari Rp 15 jutaan, sehingga berbagai skala bisnis masih bisa menjangkaunya. Pilihan modulnya juga beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Menariknya, ERP vendor satu ini juga sudah terintegrasi dengan banyak marketplace dan juga WhatsApp, sehingga bagi yang bergerak di dunia penjualan prosesnya akan jauh lebih mudah. Tampilan webnya juga begitu travel user-friendly, pengguna baru pun juga mudah mempelajarinya.

Demikianlah pembahasan tentang berbagai pilihan software ERP dengan kualitas baik. Jangan ragu untuk melakukan perbandingan terlebih dahulu antara satu software dengan lainnya, supaya Anda bisa dapatkan produk terbaik dan sesuai dengan budget perusahaan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home