Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 09:19 WIB | Jumat, 03 Januari 2014

Studi Perkirakan Potensi Lokasi Gempa di China

Gempa di Provinsi Sichuan, China, menewaskan 156 orang. (Foto: channelstv.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Tidak mungkin memprediksi kapan gempa bumi besar berikutnya akan terjadi, namun sejumlah peneliti pada Senin (30/12) mengatakan mereka memiliki petunjuk di mana gempa semacam itu akan terjadi di China.

Zona rawan gempa terletak 60 kilometer dari patahan Longmenshan yang membagi Dataran Tinggi Tibet dari Cekungan Sichuan di China barat daya, kata studi dalam jurnal Seismological Research Letters.

Area tersebut berada di bagian timur laut dari zona perpecahan Lushan, dan di bawah tekanan sebagai akibat dari dua kali gempa mematikan di Provinsi Sichuan pada 2008 dan 2013, kata studi tersebut.

“Wilayah itu kemungkinan menghasilkan gempa besar berikutnya di sekitar daerah tersebut,” kata studi yang dipimpin oleh Mian Liu dari University Missouri.

“Gempa tersebut dapat berkekuatan 7 skala Richter, berdasarkan jumlah akumulasi tekanan di dalam patahan,” katanya.

Namun, peta penilaian risiko yang dihasilkan oleh Global Seismic Hazard Assessment Program menunjukkan keseluruhan zona patahan Longemenshan sebagai zona yang relatif aman, menurut catatan studi tersebut.

Gempa berkekuatan 7,9 SR di daerah Wenchuan menewaskan lebih dari 80.000 orang pada 2008, gempa terbesar yang menghantam China sejak 1950.

Gempa berkekuatan 6,6 SR di Lushan, sekitar 90 kilometer hingga ke selatan, pada 2013 menewaskan lebih dari 200 orang. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home