Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 05:50 WIB | Selasa, 31 Desember 2013

Susan Jasmine: Melayani Masyarakat Dengan Hati

Susan Jasmine: Melayani Masyarakat Dengan Hati
Lurah Susan Jasmine Zulkifli (kanan) bersama dengan Moh. Napis, wakil lurah Lenteng Agung (kiri). (Foto-foto: Diah Anggraeni Retnaningrum)
Susan Jasmine: Melayani Masyarakat Dengan Hati
Lurah Susan sedang memberikan pelayanan kepada salah seorang warganya.
Susan Jasmine: Melayani Masyarakat Dengan Hati
Aktivitas kelurahan Lenteng Agung.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menjadi seorang perempuan dan harus memimpin masyarakat sebagai lurah tentu bukanlah merupakan suatu hal yang mudah. “Bagi saya, melayani masyarakat itu harus dengan sepenuh hati. Tidak setengah-setengah,” kata Susan Jasmine Zulkifli, Lurah Lenteng Agung, kepada reporter satuharapan.com pada Senin (30/12).

“Kalau tidak dengan sepenuh hati, mungkin saya tidak akan kuat selama enam bulan terakhir ini. Semuanya kembali pada komitmen kita. Pro dan kontra adalah hal yang biasa terjadi dalam memimpin banyak orang dengan berbagai karakter,” kata dia tentang adanya penolakan terhadap dirinya sebagai lurah perempuan.

Sebagai seorang Kristiani, Natal tahun ini terasa sangat berarti bagi Lurah Susan. Enam bulan terakhir adalah masa penilaian terhadap kinerjanya sebagai lurah hasil lelang jabatan DKI Jakarta tersebut. Telah banyak yang dia lalui semenjak menjabat sebagai lurah. Hal yang paling diingat adalah ketika dirinya di demo oleh sekelompok orang yang mengaku warga kelurahan Lenteng Agung dengan alasan jender dan agama.

“Natal menurut saya adalah suatu mujizat di mana Tuhan berkarya melalui Yesus Kristus untuk lahir kedalam dunia ini dan menjadi sama seperti kita, manusia.” Kata dia. Dia juga menyatakan bahwa peran Tuhan dalam kehidupannya sangat besar. Semua yang terjadi dalam kehidupannya adalah mujizat. “Kita sebagai manusia harus bisa berserah, karena manusia itu lemah tanpa memiliki kekuatanNya.”

Harapan Natal dan Tahun Baru

Lurah Susan juga menyatakan harapannya pada Natal tahun ini agar ia bisa lolos masa penilaian enam bulan ini. Demikian pula dengan menyongsong tahun baru 2014, Lurah Susan berharap bahwa dia bisa mengundang Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo untuk bisa datang ke Kelurahan Lenteng Agung.

Namun, untuk impian tersebut dia menyatakan bahwa masih banyak yang perlu dibenahi seperti fasilitas pelayanan. Selain itu, harapannya kedepan adalah agar suasana lingkungan di Lenteng Agung tetap kondusif dan tidak bergejolak seperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu.

Prestasi Lenteng Agung

Lurah Susan yang menyenangi kegiatan alam ini mengungkapkan kebanggaannya kepada warganya karena dalam penilaian Adipura Kencana, wilayah Lenteng Agung berhasil meraih juara pertama dengan nilai tertinggi. Selain itu, prestasi yang membuatnya bangga adalah warganya berhasil meraih juara satu, tiga dan lima untuk lomba mengambil sampah di Sungai Ciliwung.

Lenteng Agung saat ini juga sudah memiliki dua jembatan penyebrangan orang (JPO). Menurut beberapa warga, pelayanan kelurahan Lenteng Agung saat ini sudah lebih baik dan tidak pernah mengeluh perihal pelayanan dari para pekerja di kelurahan Lenteng Agung. Menurut mereka, agama dan gender tidak menjadi masalah untuk mereka selama kinerja lurah berjalan dengan baik.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home