Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 17:10 WIB | Selasa, 26 April 2016

Teori Relativitas Umum Einstein Akan Diuji Satelit

Ilustrasi: Satelit Microscope Prancis yang akan mencoba mematahkan salah satu teori Relativitas Einstein yang paling terkenal, yang menjelaskan dasar pemahaman modern mengenai gravitasi. (Foto: japantimes.co.jp/AFP-JIJI)

CAYENNE, SATUHARAPAN.COM -  Teori Einstein tentang relativitas umum akan diuji dengan peluncuran satelit baru dalam percobaan yang bisa membalik pemahaman kita mengenai fisika.

Orbiter “Microscope” Prancis akan mencoba mematahkan salah satu teori Einstein yang paling terkenal, yang menjelaskan dasar pemahaman modern mengenai gravitasi.

Para ilmuwan akan menggunakan perlengkapan tersebut untuk mengukur bagaimana dua potong logam berbeda “ yang satu adalah titanium dan yang lain adalah campuran platina-rhodium“ bereaksi di orbit.

“Di luar angkasa, masih mungkin untuk mempelajari gerak relatif dua badan saat jatuh bebas dengan sempurna dan permanen di atas satelit yang sedang mengorbit, terlindungi dari gangguan yang dihadapi di Bumi,” demikian pernyataan Arianespace, yang membawa satelit ke orbit pada Senin (25/4).

Teori Einstein menyatakan bahwa saat jatuh bebas dengan sempurna, dua objek akan bergerak dengan cara yang sama. Namun, jika keduanya ternyata bergerak dengan cara berbeda, prinsip tersebut akan dipatahkan: suatu kejadian yang akan mengguncang dasar-dasar fisika, Arianespace menambahkan.

Satelit observasi Bumi juga dibawa oleh Roket Soyuz yang diluncurkan dari Guyana Prancis. Satelit itu dilengkapi dengan radar untuk memonitor permukaan Bumi guna melacak perubahan iklim dan lingkungan serta membantu operasi bantuan bencana.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home