Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:06 WIB | Senin, 03 Juni 2024

Tiga Ton NaCl Ditabur untuk Modifikasi Cuaca di Sumatera Selatan

Anggota tim Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan dalam rangka mendukung percepatan penanganan banjir di wilayah Sumatra Selatan pada hari Jumat (31/5). (Foto: Tim TMC BNPB)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Mendukung penanganan darurat bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayah yang ada di Sumatra Selatan, Badan Nasioal Penanggulangan Bencana (BNPB) mengkoordinir pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Operasi TMC ini dilakukan berdasarkan arahan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, saat meninjau wilayah lokasi terdampak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan memimpin Rapat Koordinasi bersama unsur forkopimda pemerintah daerah terdampak lainnya seperti Pemprov Sumatra Selatan, Pemkab OKU, Pemkab OKU Selatan dan Pemkab Muara Enim pada hari Selasa (28/5).

Operasi TMC pun dimulai pada hari Kamis (30/5) dan Posko TMC didirikan di Pangkalan Udara Sri Mulyono Palembang.

TMC telah dilakukan sebanyak tiga sorti hingga hari Sabtu (1/6) dan telah menyemai tiga ton NaCl di langit Sumatra Selatan.

Wilayah yang telah disemai pada sortie satu ataupada hari  Jumat (31/5) di sekitar wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Ogan Ilir. Untuk sortie kedua atau pada hari Sabtu (1/6) pagi, penyemaian dilakukan pada wilayah Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Selanjutya pada sortie ketiga atau hari Sabtu (1/6) siang, TMC dilakukan pada wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Ogan Ilir.

Tim operasi TMC hari masih berada di lokasi untuk mempersiapkan penyemaian di beberapa lokasi yang berpotensi terjadinya turun hujan, sesuai dengan pantauan satelit cuaca.

Rencananya operasi TMC ini akan dilakukan hingga Senin (3/6), namun jika diperlukan kembali maka operasi dapat diperpanjang sesuai kebutuhan di lapangan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home