Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 17:39 WIB | Jumat, 06 Desember 2013

Tim ITS Menangi GE Challenge Indonesia 2013

Pemenang GE Challenge Indonesia 2013. (Foto Dokumentasi GE Challenge Indonesia)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketujuh finalis hasil saringan dari 170 tim pelbagai universitas terkemuka di Indonesia berlomba dalam GE Challenge Indonesia 2013 di Jakarta pada Kamis (5/12). Para finalis ini membentuk sebuah tim dan bertindak sebagai dewan direksi perusahaan imajinatif di GE Challenge Indonesia.

Perusahaan imajinatif tersebut dibangun untuk mengembangkan terobosan solusi dan merancang desain untuk mengurangi penggunaan energi, atau mencari alternatif energi untuk menanggapi permintaan energi di kampus mereka. Setiap tim juga diharuskan untuk mengembangkan rencana kampanye mereka untuk mempromosikan adopsi solusi yang diusulkan.

Setiap tim memiliki dua bulan untuk merencanakan dan mulai menerapkan solusi yang diajukan untuk membuktikan teori tersebut kepada kampus mereka. Ketujuh tim yang terpilih sebagai finalis ini mempresentasikan solusi mereka dihadapan para juri yang bertindak sebagai para calon investor.

Ketujuh tim finalis yang mengikuti antara lain tiga tim dari Institut Teknologi Bandung, satu tim dari Institut Pertanian Bogor, satu tim dari Prasetya Mulya Business School, satu tim dari Institut Teknologi Sepuluh November, dan satu tim dari Universitas Indonesia.

Ketujuh tim finalis mempresentasikan solusi mereka di hadapan dewan juri. Di antaranya Pejabat Kedutaan Besar Amerika bidang Energi dan Sumber Daya Alam Joel Kopp, Direktur SDM GE Indonesia Caecilia Adinoto, dan Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Arif Zulkifli.

Dari hasil penilaian itu akhirnya diumumkan tiga pemenang besar yang memenangkan GE Challenge Indonesia 2013. Peringkat ketiga yaitu Prasetiya Mulya Business School dengan tim Invention dan berhak menerima hadiah lima juta Rupiah. Peringkat kedua yaitu Institut Teknologi Bandung dengan tim Genius dan berhak menerima hadiah 7,5 juta Rupiah.

Peringkat pertama yaitu Institut Teknologi Sepuluh November dengan tim Elits dan berhak menerima hadiah 10 juta Rupiah.  Hadiah itu nantinya dapat digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah diusulkan oleh mereka.

GE Challenge Indonesia 2013 diselenggarakan General Electric (GE) Indonesia, perusahaan global di bidang infrastruktur, keuangan, dan media. GE Challenge Indonesia merupakan sebuah proyek untuk generasi muda dalam mengembangkan inisiatif untuk mengubah masalah menjadi sebuah peluang. Ini merupakan tantangan menemukan terobosan ide-ide cemerlang mengatasi tantangan lingkungan dan energi saat ini.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home