Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:47 WIB | Senin, 13 Mei 2024

Tim Kesehatan Haji Ingatkan Cuaca Arab Saudi Panas, Termasuk di Madinah

Cuaca makin panas, diperkirakan bisa mencapai 50 derajat Celcius.
Jemaah haji Indonesia tiba di Madinah, Arab Saudi. (Foto: Kemenag)

MADINAH, SATUHARAPAN.COM-Suhu udara di Madinah, Arab Saudi, mencapai 40 derajat Celcius, dan saat siang pelataran masjid Nabawi sangat panas. Cuaca di Arab Saudi bisa makin panas hingga 50 derajat Celcius.

Salah satu yang diimbau Kementerian Agama terhadap jemaah haji, yang sebaiknya tidak dilakukan jemaah saat di Madinah adalah berjalan dengan kaki tanpa alas.

"Jika jemaah berjalan tanpa alas kaki di pelataran yang panas, sangat berrisiko kakinya melepuh," ungkap Kasi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH, dr. Leksmana Arry Chandra, di Madinah, hari Minggu (12/5/2024)

Menurut dia, kadang ada kejadian jemaah lupa letak sandalnya saat di Masjid Nabawi. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya jemaah membawa plastik. Sandal yang dipakai, dimasukkan ke plastik dan dibawa saat masuk ke Masjid Nabawi. "Bawa plastik untuk tempat menyimpan sandal,” pesan Leks, panggilan akrabnya.

Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH), kata dr. Leks, terus berjaga dan berkeliling di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Mereka juga berkeliling ke sektor hotel jemaah. Tujuannya, melakukan upaya pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat, pemulihan, dan rehabilitasi.

"Misalnya, menyiapkan sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan jemaah haji, seperti kursi roda dan sandal buat jemaah yang membutuhkan. PKP3JH siap bantu jemaah,” katanya.

Tim PKP3JH beranggotakan gabungan tenaga medis. Mereka bertugas di lapangan, baik seksus (sektor khusus) Makkah maupun seksus Madinah. Meraka bisa dimintai bantuan dan konsultasi pengobatan, serta perawatan, termasuk juga mengatasi kaki melepuh.

“Cuaca diperkirakan akan semakin panas menjelang puncak haji, bisa mencapai 48-50 derajat celsius,” katanya.

"Jemaah diimbau menghindari cuaca panas, banyak minum air putih agar tidak terjadi heatstroke atau serangan panas," terangnya.

Bagi jemaah yang memiliki gangguan kesehatan terkait pernafasan, dr Leks mengimbau untuk mempersiapkan obat-obatan yang biasa dikonsumsi. Jika kondisinya membutuhkan penanganan medis, segera konsultasikan ke petugas kesehatan kloter.

Hari pertama kedatangan, ada 7.206 jemaah haji Indonesia yang tiba di Madinah, yang tergabung dalam 18 Kloter.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home