Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:02 WIB | Senin, 08 Juli 2024

Tim UK Maranatha Raih Juara I di Winaction 2024

Gerard Christian Joelin (2121012) dan Yonathan Adi Saputra (2121016) berhasil meraih gelar Champion atau Juara I pada 5th Widyatama International Competition atau WINACTION 2024. Foto UK MARANATHA

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM- Gerard Christian Joelin (2121012) dan Yonathan Adi Saputra (2121016) berhasil meraih gelar Champion atau Juara I pada 5th Widyatama International Competition atau WINACTION 2024 kategori Scientific Poster (Engineering) Competition.

Kedua mahasiswa Program Sarjana Teknik Sipil Universitas Kristen (UK) Maranatha ini tergabung dalam tim Tirtha Maranatha.

WINACTION merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh Universitas Widyatama, Bandung. Tahun ini, WINACTION diadakan pada 3 April 2024 untuk pendaftaran, hingga 29 Mei 2024 untuk final round.

“Seru dan menantang karena ini merupakan lomba tingkat internasional kedua yang saya ikuti,” tutur Gerard dikutip Senin (8/7).

Proses presentasi dan tanya jawab bersama dewan juri dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Menurut Gerald, kompetisi kali ini terasa lebih menantang, yaitu kehadiran juri seorang profesor asal Coventry University, Inggris, dan dosen dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. 

“Tidak hanya mempersiapkan materi dan kesiapan tanya jawab saja, perlu latihan penyampaian juga dengan menggunakan bahasa Inggris,” sambungnya.

Tim Tirtha Maranatha membuat sebuah poster yang berisikan konsep urban sustainability public infrastructure dengan judul “Eco Cover Cityscape”. 

Gerard menjelaskan, “Inovasi tersebut dimodelkan sebagai sebuah payung pada trotoar jalanan yang dilengkapi dengan panel surya sebagai sumber energi utama, penerangan jalan, speaker evakuasi bencana, sistem pemanenan air hujan, pemantauan suhu, serta index polusi udara yang saling terintegrasi.”

Ia mengaku bahwa karya mereka terinspirasi dari sebuah stasiun di Berlin, Jerman yang memiliki atap stasiun yang memiliki kanopi dengan garden terrace di atasnya. “Kami terpikir, bagaimana jika konsep tersebut diaplikasikan dalam skala mikro di jalanan perkotaan yang mendukung infrastruktur hijau di Indonesia,” tutur Gerard.

Selama menjalani persiapan hingga perlombaan, Tim Tirtha didampingi oleh Robby Yussac Tallar, S.T., M.T., Dipl.IWRM., Ph.D. selaku dosen pendamping. “Dari awal pendaftaran lomba sampai babak final, hampir setiap hari asistensi dengan beliau, mulai dari sistematika ide, materi presentasi, dan latihan langsung dengan kondisi lomba sebenarnya,” ungkap Gerard.

Setelah berhasil memenangkan lomba ini, Gerard berharap masih bisa mengikuti lomba lagi meskipun tahun depan merupakan semester terakhirnya sebelum lulus.

“Ingin bisa memenangkan lomba tingkat internasional lagi, membanggakan nama prodi Teknik Sipil, Fakultas dan Universitas lagi,” tutupnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home