Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki 16:33 WIB | Senin, 10 Juli 2023

Tips Belanja Pakaian Merek Lokal

HO

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Saat ini ada banyak sekali pilihan produk dari brand lokal, terutama untuk kategori produk pakaian. Tentu saja sebagai masyarakat Indonesia Anda juga harus mulai mencintai produk yang dikeluarkan oleh anak muda Indonesia. 

Produk-produk dari brand lokal di zaman sekarang, kualitasnya juga bagus bisa bersaing dengan produk dari merek luar. Salah satunya Anda bisa memilih produk merek lokal dari Brand No Brand atau disebut BNB. 

Bahkan produk lokal satu ini juga sudah memiliki toko official dalam jaringan (daring/online). Anda tinggal cari saja kata kunci Brand No Brand Blibli pada aplikasi online itu untuk menemukan toko official dari merek ini.

Sampai saat ini beberapa masyarakat masih ragu untuk beli produk dari brand lokal terutama untuk kategori pakaian. Padahal secara kualitas, produk lokal juga punya kualitas yang bagus dengan harga lebih terjangkau pula. 

Lalu bagaimana tips untuk menemukan produk lokal dengan kualitas yang bagus? Berikut ini beberapa panduan saat anda ingin beli produk pakaian dari merk lokal.

Ketahui Desain Produk ORI atau Tidak

Meskipun saat ini Anda bisa menemukan produk dari brand lokal dengan kualitas terbaik, namun tetap harus diperhatikan pula bagaimana kualitas desain yang dihadirkan apakah original atau tidak.

Karena ada beberapa kasus yang terjadi, di mana brand clothing lokal meniru desain dari brand lain tanpa izin sehingga sebagai pembeli jika ini terjadi tentu saja Anda akan merasa sangat dirugikan. 

Dengan memastikan desain produk Anda juga tidak akan menemukan brand lokal abal-abal yang meskipun kualitasnya bagus tapi jika desainnya menyerupai produk lain tentu sangat disayangkan. 

Cek Kualitas Produk

Mengecek kualitas produk bisa dengan melihat bahan apa yang digunakan dalam produk tersebut terutama jika ingin beli produk pakaian dari brand lokal.

Ketika membeli sesuatu, Anda harus bijak dengan memeriksa secara detail spesifikasi produk yang dihadirkan agar tidak kecewa dengan pesanan apalagi jika beli secara online.

Anda bisa perhatikan kolom-kolom yang menerangkan spesifikasi produk untuk mengetahui kualitas bahan serta spesifikasi lainnya pada brand lokal. Kualitas bahan tentu saja akan mempengaruhi kualitas produk yang ditawarkan.

Pastikan semua jahitan rapi agar pakaian awet dan tahan lama. Anda juga wajib pilih pakaian dari bulan lokal yang menarik dari segi ukuran agar nyaman dipakai dan tidak menghalangi gerak tubuh.

Beli di Website atau Marketplace Resmi

Mengapa demikian? Tentu saja sangat penting bagi anda untuk beli pakaian brand lokal di website atau marketplace resmi, agar bisa menemukan produk terbaik dan menghindari pemalsuan dari pengrajin KW yang menjual produk seolah-olah brand yang sama padahal tidak.

Karena saat ini produk lokal memang kualitasnya banyak yang bagus, sehingga bermunculan pula pemalsu atau pengrajin KW yang cukup merugikan terutama bagi orang yang tidak teliti saat belanja.

Jadi agar lebih aman maka anda harus beli langsung di website atau marketplace yang di dalamnya terdapat toko resmi dari brand tersebut. Anda juga wajib mengikuti akun resmi brand di sosial media, agar bisa mendapatkan update terbaru dari akun resmi brand tersebut.

Jangan Tergiur Harga Murah

Meskipun Anda ingin beli produk brand lokal karena harganya terjangkau namun jangan terlalu tergiur dengan harga yang sangat murah karena harga yang terlalu murah ditakutkan membuat produk memiliki kualitas yang rendah. Terlebih harga terlalu murah bisa memungkinkan produk brand lokal yang dijual di palsukan atau tiruan.

Maka dari itu kembali lagi sangat penting untuk beli di website resmi atau marketplace resmi saja agar bisa menemukan produk original yang memang Anda mengetahui harga standar yang dihadirkan. 

Cek Testimoni

Jika Anda tertarik dengan produk dari brand lokal namun merupakan brand yang baru muncul, maka sebaiknya cek testimoni di website atau marketplace.

Cara ini untuk mengetahui apakah suatu merek, memiliki kualitas yang baik berdasarkan pengalaman positif dari banyak pembeli yang sudah membeli duluan produk tersebut. 

Anda juga bisa mengecek toko-toko yang menjual brand tersebut apakah memiliki review positif atau tidak dari masyarakat. Cara ini dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan apakah akan beli produk dari brand baru tersebut atau tidak. 

Memiliki Sertifikat

Karena semakin banyak bermunculan, brand lokal juga bersaing dengan segi kualitas dan juga hal lainnya salah satunya memiliki sertifikat atau surat jaminan.

Surat ini memiliki bukti bahwa produk dari brand lokal tersebut memiliki jaminan kualitas yang didapat dari berbagai tes dan uji coba.

Sertifikat jadi nilai tambah dari sebuah merek untuk membuat para pembeli percaya dengan kualitas produk yang dihadirkan oleh brand tersebut. 

Itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda ingin belanja produk dari brand lokal. Untuk yang sedang cari produk-produk brand lokal kategori pakaian dan produk fashion maka anda wajib beli di toko resmi yang menghadirkan brand-brand terbaik Indonesia, hingga brand luar negeri dengan kualitas sudah pasti original. 

Manfaatkan pula berbagai promo yang dihadirkan oleh Blibli dengan cashback hingga jutaan rupiah, gratis ongkir tanpa minimal belanja dan juga diskon hingga 50% bahkan lebih. Agar tidak ketinggalan info promo dan event lainnya, maka bisa kunjungi aplikasinya maupun website resminya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home