Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 19:02 WIB | Minggu, 22 Desember 2013

Titik Balik Matahari Musim Dingin dan Natal

Pergerakan matahari saat winter solstice. (Foto: guardianlv.com)

SATUHARAPAN.COM -- Lihatlah! Setahun telah berlalu sejak ramalan kiamat besar versi Suku Maya pada 2012. Kita semua masih di sini dan titik balik matahari musim dingin (winter solstice) hadir lagi kepada kita. Solstice menandai hari terpendek dalam setahun untuk penduduk di belahan bumi utara, dan hari terpanjang dalam setahun bagi selatan khatulistiwa.

Tapi, itu tidak hanya berarti kegelapan menguasai belahan bumi utara. Kenyataannya, matahari akan menghentikan orbit dan mengubah jalur, akhirnya bergerak ke utara dan sinar matahari menyambangi lagi penduduk di utara. Berikut ini adalah melihat mengapa Anda harus peduli tentang peristiwa astronomi hari ini.

Apa itu?
Solstice terjadi pada waktu tertentu, bukan hanya hari. Tahun ini, pada 12:11 EST pada hari Sabtu, 21 Desember matahari bersinar langsung di atas Tropic of Capricorn, titik matahari terjauh di Selatan. Hal ini menyebabkan kurang cahaya dan suhu dingin di utara. Di belahan bumi selatan, itu adalah hari terpanjang dalam setahun.

Jadi Apa yang Terjadi?
Matahari mulai bergerak ke utara di langit setiap hari, perlahan-lahan menyebabkan lebih banyak sinar matahari di utara khatulistiwa dan mengantarkan gelap, musim dingin di belahan bumi selatan.

Apakah itu Terkait dengan Natal?
Karena tidak ada tanggal dalam Alkitab secara khusus menunjuk ke 25 Desember sebagai kelahiran Yesus Kristus, beberapa ahli percaya gereja Kristen memilih tanggal tersebut beberapa abad kemudian, mengikat ke liburan Romawi Dies Natalis Solis Invictus, atau ulang tahun Matahari yang Tak Terkalahkan. Titik balik matahari musim dingin menyajikan titik balik dalam banyak kebudayaan. Itulah sebabnya, hal itu terkait dengan kiamat versi Maya yang menandai akhir dari kalender dan beberapa orang percaya, itu akhir dunia.

Seberapa Pendek Hari Itu?
Amerika Utara hanya akan melihat matahari sembilan jam dan 32 menit selama siang hari solstice, dan 14 jam dan 28 menit malam hari. Tapi, balik matahari musim dingin tidak selalu terjadi pada waktu yang sama. Tahun depan penghuni utara dapat penjepit untuk titik balik matahari pada 11:03. Pada 2015 itu akan terjadi pada 22 Desember.

Apa Tanggal Penting Lain Matahari?
Titik Balik Musim Panas terjadi pada tanggal 21 Juni, siang hari terpanjang di utara. Pada tanggal 21 Maret dan 21 September, ekuator Bumi melewati pusat matahari, yang dikenal sebagai “ekuinoks”. Kedua tanggal menandai titik, yaitu jam siang dan malam hampir sama. (Time)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home