Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:12 WIB | Rabu, 11 September 2024

Topan Yagi Merusak Infrastruktur dan Pabrik-pabrik di Vietnam

Seorang perempuan berjalan melewati pohon tumbang setelah Topan Yagi menghantam, di Hanoi, Vietnam, pada hari Minggu, 8 September 2024. (Foto: Reuters/Thinh Nguyen)

HANOI, SATUHAR4APAN.COM-Topan Yagi, badai terkuat di Asia tahun ini, diturunkan statusnya menjadi depresi tropis pada hari Minggu (8/9), setelah mendatangkan malapetaka di Vietnam utara, yang merusak pabrik-pabrik dan infrastruktur di pusat-pusat industri berorientasi ekspor.

Badan meteorologi Vietnam mengeluarkan penurunan status tersebut pada hari Minggu, tetapi memperingatkan tentang risiko banjir dan tanah longsor yang sedang berlangsung saat badai, yang merupakan badai terkuat yang melanda negara itu dalam beberapa dekade, bergerak ke arah barat.

Pada Sabtu, Yagi mengganggu pasokan listrik dan telekomunikasi di ibu kota Vietnam, Hanoi, yang menyebabkan banjir besar, menumbangkan ribuan pohon, dan merusak rumah-rumah.

Topan dan tanah longsor serta banjir yang terjadi setelahnya menewaskan 21 orang di Vietnam dan melukai 229 orang, menurut perkiraan awal dari pemerintah, setelah merenggut nyawa empat orang di pulau Hainan di China selatan dan 20 orang di Filipina, negara pertama yang dilanda sepekan yang lalu.

Di Haiphong, kota pesisir Vietnam berpenduduk dua juta jiwa yang menjadi tempat pabrik beberapa perusahaan multinasional, kawasan industri tetap tutup pada hari Minggu, kata para pekerja dan manajer kepada Reuters.

Satu kawasan industri terendam banjir, dan para pekerja mengatakan mereka dipulangkan setelah mencoba pergi bekerja tanpa menyadari kondisi di pabrik mereka karena jaringan telekomunikasi belum pulih.

"Kerusakan pada pabrik-pabrik benar-benar signifikan. Beberapa pabrik kehilangan atap atau seluruh fasad depan," kata Bruno Jaspaert, kepala zona industri DEEP C, yang menjadi tempat pabrik dari lebih dari 150 investor di Haiphong dan provinsi tetangga Quang Ninh.

Dia mengatakan sedikitnya 80% pabrik telah rusak tetapi kawasan industri tidak terendam banjir. "Mungkin butuh waktu sebulan jika semuanya berjalan lancar sebelum saya pulih sepenuhnya dari kerusakan ini," kata Do Van Truong, seorang pemilik toko berusia 45 tahun di Haiphong, yang mencatat langit-langit toko makanan lautnya telah runtuh sementara pasokan listrik dan air belum pulih.

Beberapa jalan raya di bagian utara negara itu terendam banjir atau rusak parah, media pemerintah melaporkan, menerbitkan gambar dan rekaman tanah longsor.

Risiko Banjir Bandang

Setelah menerjang Vietnam pada hari Sabtu (7/9) sore, Yagi memicu gelombang setinggi empat meter (13 kaki) di provinsi-provinsi pesisir, yang menyebabkan pemadaman listrik dan telekomunikasi yang berkepanjangan sehingga mempersulit penilaian kerusakan, kata pemerintah.

Badan meteorologi memperingatkan tentang "risiko banjir bandang" yang terus berlanjut di daerah tepi sungai, termasuk di Hanoi.

Saat angin mereda, pihak berwenang di Hanoi bergegas membersihkan jalan-jalan dari pohon-pohon tumbang yang tersebar di pusat kota dan lingkungan lainnya. "Badai telah menghancurkan kota. Pohon-pohon tumbang menimpa rumah-rumah, mobil-mobil, dan orang-orang di jalan," kata Hoang Ngoc Nhien, warga Hanoi yang berusia 57 tahun.

Bandara internasional Noi Bai di Hanoi, yang merupakan bandara tersibuk di Vietnam utara, dibuka kembali pada hari Minggu setelah ditutup pada Sabtu pagi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home