Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:17 WIB | Kamis, 28 September 2023

Turki Dukung Swedia Jadi Anggota NATO, Jika AS Jual Jet Tempur F-16

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, memberikan konferensi pers pada KTT NATO di Vilnius pada 12 Juli 2023. (Foto: dok. AFP)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Parlemen Turki akan menepati janjinya untuk meratifikasi upaya Swedia untuk menjadi NATO jika pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, membuka jalan bagi penjualan peswat jet tempur F-16 ke Ankara, kata Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Selasa (26/9), menurut media Turki.

Berbicara kepada wartawan dalam penerbangannya kembali dari eksklave Nakhchivan di Azerbaijan, Erdogan mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri, Hakan Fidan, dan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, membahas tawaran Swedia untuk menjadi anggota NATO pekan lalu di New York.

Pemerintah AS menghubungkan penjualan jet tempur F-16 ke Turki dengan ratifikasi Ankara atas tawaran keanggotaan NATO bagi Swedia, kata Erdogan.

“Jika mereka (AS) menepati janjinya, parlemen kami juga akan menepati janjinya. Parlemen Turki akan mengambil keputusan akhir mengenai keanggotaan Swedia di NATO,” katanya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home