Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:44 WIB | Kamis, 10 Desember 2015

Turki Lancarkan Serangan Baru terhadap PKK di Irak

Ilustrasi jet tempur Turki. (Foto: AFP)

DIYARBAKIR, SATUHARAPAN.COM – Jet-jet tempur Turki melancarkan serentetan serangan udara terbaru menyasar pemberontak Kurdi di Irak utara semalam, kata militer pada Rabu (9/12).

Seorang petugas polisi juga tewas pada hari yang sama oleh sekelompok penembak di wilayah selatan Turki, yang didominasi penduduk Kurdi, menurut beberapa sumber keamanan lokal.

Serangan pengeboman yang dilakukan melalui udara itu telah “menghancurkan” beberapa target Partai Pekerja Kurdistan (Partiya Karkeren Kurdistane/PKK) di beberapa wilayah Irak utara termasuk di benteng pertahanannya di gunung Qandil, menurut pernyataan militer.

Dalam insiden terpisah, satu polisi tewas setelah diserang para penembak ketika tengah berusaha menjinakkan bom di distrik Sur, Provinsi Diyarbarkir, yang berada di bawah pengawasan jam malam militer selama delapan hari.

Turki telah melancarkan serangannya tanpa henti terhadap beberapa benteng PKK di sebelah tenggara negara dan di Irak utara, sejak gencatan senjata antara negara bagian Turki tersebut dengan pemberontak dilanggar Juli lalu.

PKK, kelompok yang didaftarhitamkan sebagai organisasi teroris Turki dan banyak komunitas internasional, juga melancarkan serangan balasan yang menewaskan puluhan polisi serta tentara melalui serangan bom dan senjata hampir setiap hari.

Kekerasan itu telah menghancurkan harapan pembicaraan baru untuk mengakhiri konflik yang telah merenggut puluhan ribu nyawa sejak 1984. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home