Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:39 WIB | Sabtu, 23 September 2023

Turki Tangkap 10 Tersangka Teroris Kelompok ISIS, Lima Ditahan

Patroli polisi Turki Di Istanbul, Turki. (Foto: dok.Reuters)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Polisi Turki menangkap 10 orang yang diyakini terkait dengan ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) dan telah menahan lima di antara mereka, kata Menteri Dalam Negeri, Ali Yerlikaya pada hari Jumat (22/9).

Yerlikaya mengatakan badan intelijen MIT, polisi, dan pasukan anti terorisme Turki melakukan operasi di kota pesisir barat Izmir setelah intelijen menunjukkan bahwa para tersangka menyembunyikan pasokan di kota tersebut.

Pihak berwenang menemukan gel peledak, bahan yang digunakan untuk membuat bahan peledak, serta senjata dan amunisi yang disembunyikan di wilayah pegunungan di distrik Bornova, Izmir, tambah Yerlikaya.

“Hasil operasi tersebut, 10 tersangka diamankan. Dari jumlah tersebut, lima orang ditahan dan keputusan kontrol yudisial dibuat untuk lima orang lainnya,” kata menteri tersebut melalui platform media sosial X.

Berdasarkan keputusan kontrol yudisial, para tersangka dapat meninggalkan tahanan polisi tetapi mereka memiliki persyaratan dan pengawasan tertentu yang dikenakan pada mereka.

Rekaman dari operasi tersebut, yang dibagikan oleh Yerlikaya di X, menunjukkan beberapa mobil polisi di daerah pegunungan, dengan polisi mencari di dalam gua kecil untuk mencari material yang tersembunyi. Video itu juga menunjukkan pihak berwenang menggeledah sebuah rumah dan menahan para tersangka. Reuters tidak dapat memverifikasi rekaman tersebut secara independen.

ISIS telah melakukan banyak serangan di Turki, termasuk di sebuah klub malam di Istanbul pada 1 Januari 2017, yang menewaskan 39 orang. Polisi Turki telah melakukan beberapa operasi yang menargetkan para militan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home