Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:49 WIB | Sabtu, 23 September 2023

Ukraina dan AS Sepakat Bangun Produksi Bersama Sistem Pertahanan Udara

Presiden AS, Joe Biden, bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Ruang Oval Gedung Putih, hari Kamis, 21 September 2023, di Washington. (Foto: AP/Evan Vucci)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Ukraina dan Amerika Serikat telah sepakat untuk meluncurkan produksi senjata bersama dalam sebuah langkah yang memungkinkan Kiev untuk mulai memproduksi sistem pertahanan udara, kata Presiden Volodymyr Zelenskyy pada hari Jumat (22/9) ketika ia mengakhiri kunjungannya ke Amerika.

Dalam pidato sehari-harinya kepada warga Ukraina, Zelensky mengatakan perjanjian jangka panjang tersebut akan menciptakan lapangan kerja dan basis industri baru di Ukraina, yang perekonomiannya telah hancur akibat invasi dan perang Rusia.

“Itu adalah kunjungan yang sangat penting ke Washington, hasil yang sangat penting,” kata Zelenskyy dalam sebuah video yang diposting di situs kepresidenan pada Jumat pagi.

“Dan perjanjian jangka panjang, kami akan bekerja sama sehingga Ukraina memproduksi senjata yang diperlukan bersama dengan Amerika Serikat. Produksi bersama di (sektor) pertahanan dengan Amerika Serikat adalah suatu hal yang bersejarah.”

Kiev telah meningkatkan upaya untuk meningkatkan produksi senjata dalam negeri sebanyak mungkin karena perang selama 19 bulan telah menciptakan permintaan besar akan senjata dan amunisi untuk menangkis serangan Rusia di garis depan sepanjang 1.000 kilometer. Serangan udara Rusia di Ukraina telah menyebabkan kerusakan luas dan menewaskan banyak orang.

Zelenskyy mengatakan Kementerian Industri Strategis, yang mengawasi produksi senjata di Ukraina, telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan tiga asosiasi, yang menyatukan lebih dari 2.000 perusahaan pertahanan AS, mengenai kemungkinan pekerjaan di Ukraina di masa depan.

“Kami sedang bersiap untuk menciptakan ekosistem pertahanan baru dengan Amerika Serikat untuk memproduksi senjata guna memperkuat kebebasan lebih lanjut dan melindungi kehidupan bersama,” kata Zelenskyy tanpa mengungkapkan rincian lebih lanjut.

Ukraina sangat bergantung pada dukungan militer Barat. Untuk mengurangi ketergantungannya, Zelenskyy dan timnya telah mendorong reformasi di industri pertahanan dalam negeri untuk memodernisasi produsen lokal dan meningkatkan pasokan ke lini depan.

Zelenskyy sebelumnya mengatakan bahwa Kiev akan segera menjadi tuan rumah forum produksi senjata internasional, yang mengundang perusahaan-perusahaan dari lebih dari 20 negara.

Pemerintah juga menerapkan reformasi di perusahaan produksi senjata utamanya, Ukroboronprom, untuk meningkatkan transparansi, meningkatkan kapasitas produksi dan memungkinkan pemerintah untuk bekerja sama secara lebih aktif dengan produsen Barat.

Ukraina telah menyetujui beberapa proyek bersama dengan produsen Eropa tengah untuk memperbaiki tank Ukraina dan kendaraan lainnya, dan telah berupaya mengembangkan produksi drone dan rudal. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home