Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:03 WIB | Senin, 28 Agustus 2023

Udara Kota Depok Terburuk di Indonesia Dalam Beberapa Hari Terakhir

Udara Kota Depok Terburuk di Indonesia Dalam Beberapa Hari Terakhir
Kota Depok. (Foto: dok. Ist)
Udara Kota Depok Terburuk di Indonesia Dalam Beberapa Hari Terakhir
Lima wilayah dengan kualitas udara terburuk, menurut situs ioqair.co, hari Senin (28/8) pagi. (Foto: tangkap layar iqair.com)
Udara Kota Depok Terburuk di Indonesia Dalam Beberapa Hari Terakhir

DEPOK, SATUHARAPAN.COM-Kualitas udara kota Depok menempati urutan teratas pertama terburuk di Indonesia pada hari Senin (28/8), meskipun pada hari Minggu malam sempat terjadi hujan di wilayah itu.

Situs iqair.com menyebutkan indeks kualitas udara Kota Depok berada di angka 189 atau 25,8 kali stabndar WHO dan ini tidak sehat. Dan dari catata situs tersebut, kualitas udara kota Depok tidak sehat sejak beberapa hari lalu.

Angka rata-rata harian indeks kualitas udara Depok pada hari Minggu tercatat 168, hari Sabtu (175) dan hari Jumat (175). Sementara cuaca di Depok hari Senin pagi telihat mendung.

Lima wilayah dengan kualitas udara terburuk dan tidak sehat hari Senin pagi adalah Kota Depok, Tangerang Selatan (171), Karawang (162), Cileungsi (161), dan Jakarta (160).

Sebelumnya, Jakarta pada hari Minggu (27/8) menempati posisi ketiga terburuk di Indonesia. Hal ini disampaikan IQAir pukul 06:00 WIB, US air quality index (AQI US) atau indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 169.

Berdasarkan tingkat polusi, DKI Jakarta masuk kategori tidak sehat. Kualitas udara tidak sehat ini diprediksi bakal terjadi sampai 29 Agustus 2023 atau lima hari ke depan. Namun pada hari Minggu malam wilayah Jabodetabek sempat diguyur hujan yang diharapkan mengurangi tingkat polusi udara.

Konsentrasi polutan tertinggi dalam udara DKI Jakarta hari ini PM 2.5. Angka tersebut 18,2 kali nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Sementara, cuaca di Jakarta pada hari Minggu pagi ini berkabut dengan suhu 27 derajat celsius, kelembapan 80 persen. Untuk gerak angin 1.1 km/h, dan tekanan sebesar 1011 milibar.

Selain menginformasikan tingkat polusi, situs IQAir juga merekomendasikan masyarakat untuk mengenakan masker, menghidupkan penyaring udara, menutup jendela, dan hindari aktivitas outdoor. Tujuannya agar masyarakat dapat terhindar dari udara luar yang kotor.

Sebagai informasi, kota dengan tingkat kualitas udara terburuk di Indonesia pada hari Minggu ditempati Depok, Jawa Barat, dengan indeks 198. Lalu, kota dengan kualitas udara terburuk kedua di Indonesia adalah Tangerang Selatan, Banten, dengan indeks 183.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home