Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:10 WIB | Jumat, 23 Agustus 2024

Ukraina Serang Moskow Dengan Pesawat Nirawak, Terbesar ke Ibu Kota Rusia

Prajurit infanteri Viktor dari Brigade Bermotor ke-58 Ukraina memindai langit untuk mencari pesawat nirawak musuh saat ia berdiri di parit garis depan di wilayah Donetsk, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, Ukraina 13 April 2024. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Ukraina menyerang kota Moskow pada hari Rabu (21/8) dengan sedikitnya 11 pesawat nirawak ditembak jatuh oleh pertahanan udara dalam apa yang menurut pejabat Rusia merupakan salah satu serangan pesawat nirawak terbesar di ibu kota sejak perang di Ukraina dimulai pada bulan Februari 2022.

Perang tersebut, yang sebagian besar merupakan pertempuran artileri dan pesawat nirawak di seluruh ladang, hutan, dan desa-desa di Ukraina timur, meningkat pada tanggal 6 Agustus ketika Ukraina mengirim ribuan tentara ke wilayah Kursk di Rusia bagian barat.

Selama berbulan-bulan, Ukraina juga telah berperang melawan pesawat nirawak yang semakin merusak terhadap kilang minyak dan lapangan udara eksportir minyak terbesar kedua di dunia, meskipun serangan pesawat nirawak besar-besaran di wilayah Moskow - dengan populasi lebih dari 21 juta - lebih jarang terjadi.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah menghancurkan total 45 pesawat nirawak di wilayah Rusia, termasuk 11 di wilayah Moskow, 23 di wilayah perbatasan Bryansk, enam di wilayah Belgorod, tiga di wilayah Kaluga, dan dua di wilayah Kursk.

Beberapa pesawat nirawak dihancurkan di kota Podolsk, kata Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin. Kota di wilayah Moskow tersebut berjarak sekitar 38 kilometer (24 mil) di selatan Kremlin.

"Ini adalah salah satu upaya terbesar untuk menyerang Moskow menggunakan pesawat nirawak yang pernah ada," kata Sobyanin di aplikasi perpesanan Telegram pada dini hari Rabu (21/8). "Pertahanan berlapis Moskow yang dibuat memungkinkan untuk berhasil menangkis semua serangan dari UAV musuh."

Serangan itu terjadi saat Rusia maju di Ukraina timur, tempat ia menguasai sekitar 18% wilayah itu, dan bertempur untuk menangkis serbuan Ukraina ke wilayah Kursk, serangan asing terbesar di wilayah Rusia sejak Perang Dunia Kedua.

Media Rusia menunjukkan rekaman yang belum diverifikasi dari pesawat nirawak yang terbang di atas langit fajar wilayah Moskow dan kemudian ditembak jatuh dalam bola api oleh pertahanan udara.

Bandar udara Moskow, Vnukovo, Domodedovo, dan Zhukovsky, membatasi penerbangan selama empat jam tetapi memulai kembali operasi normal mulai pukul 03:30 GMT, kata pengawas penerbangan Rusia.

Sobyanin mengatakan bahwa menurut informasi awal, tidak ada cedera atau kerusakan yang dilaporkan setelah serangan itu. Tidak ada juga korban atau kerusakan yang dilaporkan setelah serangan di Bryansk di barat daya Rusia, tulis gubernur wilayah itu Alexander Bogomaz di Telegram.

Kantor berita negara Rusia, RIA Novosti, melaporkan bahwa dua pesawat nirawak dihancurkan di atas wilayah Tula, yang berbatasan dengan wilayah Moskow di utara. Vasily Golubev, gubernur wilayah Rostov di barat daya Rusia, mengatakan pasukan pertahanan udara menghancurkan rudal yang diluncurkan Ukraina di wilayah tersebut, tanpa ada korban luka yang dilaporkan.

Kementerian pertahanan Rusia tidak menyebutkan Tula maupun Rostov dalam pernyataannya yang mencantumkan senjata udara Ukraina yang hancur. Militer Ukraina mengatakan pada hari Rabu (21/8) bahwa mereka menyerang sistem rudal anti pesawat S-300 yang berbasis di wilayah Rostov pada malam hari.

Pasukan Ukraina Hancurkan Jembatan Ponton Rusia

Pasukan Ukraina menggunakan sistem roket HIMARS buatan Amerika Serikat untuk menghancurkan jembatan ponton dan peralatan teknik di wilayah Kursk Rusia, kata militer Ukraina pada hari Rabu (21/8), yang menargetkan logistik dalam serangan lintas perbatasan utamanya.

Pejabat Rusia mengatakan Ukraina telah merusak atau menghancurkan sedikitnya tiga jembatan di atas Sungai Seym sejak Kiev melancarkan serangan besar ke Rusia barat pada tanggal 6 Agustus yang maju hingga sejauh 28-35 kilometer (39,15 mil).

“Di mana jembatan ponton Rusia ‘menghilang’ di wilayah Kursk? Operator ... menghancurkannya secara akurat,” kata Pasukan Operasi Khusus Ukraina di Telegram messenger.

Pernyataan itu mengatakan sistem roket HIMARS buatan AS digunakan. Itu adalah pernyataan resmi pertama dari Kiev bahwa senjata Barat adalah bagian dari serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Washington tidak memberikan komentar langsung mengenai penggunaan senjata buatan AS di wilayah Kursk, sambil mengatakan kebijakannya tidak berubah dan bahwa Ukraina mempertahankan diri dari serangan Rusia.

Sementara sekutu telah melarang Ukraina melakukan serangan jangka panjang dengan senjata Barat di dalam wilayah Rusia, mereka telah mengizinkan Kiev menggunakannya untuk menyerang wilayah perbatasan sejak serangan baru Rusia di wilayah Kharkiv musim semi ini.

Kremlin telah menggambarkan penggunaan senjata buatan AS di dalam wilayahnya sebagai eskalasi.

Video yang diunggah oleh pasukan khusus menunjukkan serangan di beberapa penyeberangan ponton. Setidaknya satu serangan tampaknya dilakukan dengan amunisi tandan. Reuters tidak dapat memverifikasi pernyataan dan video tersebut secara independen.

Klip video tersebut juga menunjukkan serangan pesawat tanpa awak terhadap truk-truk militer dan lokasi-lokasi lain yang digambarkan sebagai gudang amunisi dan kompleks peperangan elektronik.

Reuters telah memverifikasi setidaknya satu penyeberangan ponton yang tampaknya telah hancur. Kemungkinan besar penyeberangan itu didirikan antara 14 Agustus dan 17 Agustus antara pemukiman Rusia di Zvannoe dan Glushkovo setelah dua jembatan hancur atau rusak sebelumnya.

Penyeberangan itu, sekitar 14 kilometer (8,7 mil) dari perbatasan, telah hilang pada 19 Agustus, menurut citra satelit. Asap juga terlihat dalam gambar dari area tersebut pada hari itu.

Sementara Kiev telah melaporkan serangkaian keberhasilan di medan perang sejak menyeberang secara tak terduga ke wilayah Kursk Rusia pada 6 Agustus, Rusia telah maju terus di garis depan di Ukraina timur, dua setengah tahun sejak invasi skala penuhnya.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam beberapa hari terakhir bahwa pasukannya telah menguasai beberapa permukiman di daerah tersebut, termasuk Zhelanne dan Svyrydonivka, serta kota Niu York, sekitar 46 kilometer (29 mil) dari Pokrovsk.

Militer Kiev belum mengomentari klaim ini secara langsung saat melaporkan pertempuran hebat di daerah tersebut.

Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan kemajuan di wilayah Kursk menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada yang telah direbut Rusia sejak awal tahun. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home