Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 20:45 WIB | Kamis, 21 November 2013

Untuk Keruk Waduk, Jakarta Akan Beli 400 Eskavator

Pengerukan Waduk Pluit Jakarta. (Foto: dok.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membeli ratusan alat berat berupa eskavator untuk mempercepat pekerjaan pengerukan sejumlah waduk di ibu kota.

"Untuk mempercepat penanganan banjir melalui pengerukan waduk, kita harus punya eskavator sendiri dalam jumlah yang sangat banyak," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

Menurut pria yang akrab disapa Jokowi itu, jumlah eskavator yang dimiliki oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI saat ini masih sangat terbatas. Maka dari itu, pihaknya akan membeli sebanyak 400 eskavator tambahan.

"Untuk tahun ini, kita sudah beli sekitar 30-an eskavator. Nanti, kita akan beli lagi sebanyak 400 eskavator tambahan yang akan kita letakkan di setiap danau dan waduk," kata Jokowi.

Rencananya, dia menuturkan pembelian 400 eskavator tersebut akan dilaksanakan secara bertahap, bukan sekaligus dalam satu waktu yang bersamaan.

"Belinya bertahap, nggak sekaligus. Jadi, kalau tahun ini kita beli 30 unit, tahun depan kita beli sebanyak dua kali lipat dari tahun ini, yang penting terus bertambah," kata Jokowi seperti dikutip Antara.

Dia mengungkapkan pekerjaan pengerukan berjalan lamban tanpa didukung ketersediaan alat-alat berat. Semakin banyak jumlah eskavator, sambungnya, semakin cepat pula proses pengerukan waduk.

"Seperti yang sudah kita lihat, kondisi waduk di Jakarta masih buruk. Banyak endapan lumpur di dalamnya, sehingga waduk tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai penampung air secara maksimal," kata Jokowi. Oleh karena itu, dia menambahkan, bencana banjir maupun genangan air masih terjadi di wilayah Jakarta sampai dengan saat ini.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home