Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:06 WIB | Sabtu, 01 Juli 2023

Wakil Komandan Pasukan Rusia, Jenderal Sergei Surovikin, Diyakini Telah Ditahan

Wakil Komandan Pasukan Rusia dalam Perang di Ukraina, Jenderal Sergei Surovikin, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: dok. AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Jenderal Sergei Surovikin, wakil komandan kelompok pasukan Rusia yang berperang di Ukraina, diyakini telah ditahan beberapa hari setelah tentara bayaran melakukan pemberontakan di dalam Rusia, kata dua orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada The Associated Press pada hari Kamis (29/6), mengutip penilaian intelijen Amerika Serikat dan Ukraina.

Orang-orang berbicara tanpa menyebut nama karena mereka tidak berwenang untuk membicarakan masalah ini secara terbuka.

Tidak jelas apakah Surovikin menghadapi dakwaan atau di mana dia ditahan, yang mencerminkan dunia buram politik Kremlin dan ketidakpastian setelah pemberontakan.

Tetapi penahanannya dilaporkan terjadi beberapa hari setelah tentara bayaran Grup Wagner mengambil alih markas militer di kota Rusia Rostov-on-Don dan menuju ke Moskow dalam apa yang tampaknya merupakan pemberontakan yang gagal.

Kepala Wagner, Yevgeny Prigozhin, telah berbicara positif tentang Surovikin sambil mengkritik petinggi militer negara dan menyarankan agar dia ditunjuk sebagai kepala Staf Umum untuk menggantikan Jenderal Valery Gerasimov. The New York Times pekan ini melaporkan bahwa pejabat AS percaya Surovikin mengetahui sebelumnya tentang rencana Prigozhin untuk melakukan pemberontakan. Gedung Putih dan Kremlin menolak berkomentar.

Surovikin, yang memiliki hubungan lama dengan Prigozhin, tidak terlihat lagi sejak dimulainya pemberontakan ketika dia memposting video mendesak untuk diakhiri.

Seorang blogger militer Rusia, Moscow Times, dan Financial Times melaporkan bahwa Surovikin, yang juga merupakan komandan angkatan udara Rusia, telah ditangkap.

Ada spekulasi kuat bahwa beberapa perwira tinggi militer mungkin telah berkolusi dengan Prigozhin dan sekarang mungkin menghadapi hukuman atas pemberontakan yang secara singkat mengirim pawai yang hampir tak tertandingi menuju Moskow yang disebut Putin sebagai pengkhianatan dan "tikaman dari belakang".

Alexei Venediktov, mantan kepala Ekho Moskvy, sebuah stasiun radio independen terkemuka yang ditutup oleh pihak berwenang setelah Moskow menginvasi Ukraina, mengatakan Surovikin dan para letnan dekatnya belum melakukan kontak dengan keluarga mereka selama tiga hari, tetapi berhenti mengatakannya bahwa dia ditahan.

Saluran perpesanan militer terkemuka lainnya, Rybar, yang dijalankan oleh mantan petugas pers Kementerian Pertahanan, melaporkan pembersihan di jajaran sedang berlangsung karena pihak berwenang menyelidiki tuduhan bahwa beberapa orang mungkin memihak Prigozhin.

Teman dalam Perang Suriah

Surovikin telah dikaitkan dengan Prigozhin sejak keduanya aktif di Suriah, di mana Rusia telah melancarkan aksi militer sejak 2015 untuk menopang pemerintahan Presiden Suriah, Bashar Al Assad dan untuk membantunya merebut kembali wilayah setelah perang saudara yang menghancurkan.

Sementara Prigozhin telah melontarkan hinaan sumpah serapah pada Shoigu dan kepala Staf Umum Jenderal Valery Gerasimov sebelum pemberontakan pekan lalu di mana dia menuntut pemecatan mereka, dia terus memuji Surovikin dan menyarankan untuk menunjuknya untuk menggantikan Gerasimov. Namun, ketika pemberontakan dimulai, Surovikin merekam video yang mendesak penghentian pemberontakan.

Awal pekan ini, The New York Times melaporkan bahwa pejabat AS percaya bahwa Surovikin memiliki pengetahuan lebih lanjut tentang pemberontakan tersebut. Ditanya tentang laporan itu, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengabaikannya sebagai bagian dari "spekulasi dan gosip." Pada hari Kamis (29/6), Peskov menolak mengomentari apakah Surovikin telah ditangkap.

Ditanya oleh AP apakah presiden masih mempercayai Surovikin, dia menjawab bahwa Putin bekerja dengan menteri pertahanan dan kepala Staf Umum dan merujuk pertanyaan tentang perwira ke Kementerian Pertahanan. Dia juga merujuk semua pertanyaan lain tentang Surovikin dan statusnya ke kementerian.

Mengenai apakah Putin menganggap perlu memecat pejabat militer yang memiliki hubungan dengan Prigozhin, Peskov mengatakan "masalahnya bukan hak prerogatif saya, dan saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan tentang itu."

Jenderal Armagenddon

Surovikin yang tampak galak, yang dijuluki "Jenderal Armageddon" oleh media Barat karena taktik brutalnya di Suriah dan Ukraina, dipuji karena menopang pertahanan Rusia setelah mundurnya Moskow dari wilayah luas wilayah Ukraina musim gugur lalu di tengah serangan balasan yang cepat oleh Kiev.

Ditunjuk oleh Putin pada musim gugur untuk memimpin pasukan Rusia di Ukraina, Surovikin memimpin serangan pengeboman yang menargetkan pembangkit listrik Ukraina dan infrastruktur penting lainnya, tetapi gagal melumpuhkan pasokan listrik.

Pada bulan Januari, Putin menggantikannya dengan Gerasimov, menempatkan kepala Staf Umum yang bertanggung jawab atas pertempuran Rusia di Ukraina. Surovikin diturunkan menjadi wakil Gerasimov.

Nasib Gerasimov sendiri juga tidak jelas setelah pemberontakan yang gagal itu. Saat Shoigu muncul di beberapa acara yang dihadiri Putin, Gerasimov secara misterius tidak hadir.

Jika pembersihan benar-benar dilakukan, hal itu dapat mengacaukan rantai komando militer dan mengikis moral pasukan di tengah tahap awal serangan balasan terbaru Ukraina dan menawarkan Kiev kesempatan untuk merebut kembali lebih banyak wilayah. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home