Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 18:04 WIB | Kamis, 31 Oktober 2013

Wamenhub: Integrasi Tiket KA-Busway Diagendakan 2014

Contoh monorel yang dipamerkan dan akan dipakai di Jakarta. (Foto: dok.satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Rencana pengintegrasian sistem tiket antara kereta api dan busway guna memadukan kedua moda transportasi tersebut diperkirakan bakal terealisasi pada 2014. Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengemukakan hal itu dalam diskusi "Perlukah Desk Transportasi untuk Mengurai Kemacetan" di Jakarta, Kamis (31/10).

Integrasi tersebut ia harapkan dapat berjalan pada 2014 melihat cepatnya pengintegrasian sistem pertiketan yang dilakukan PT KAI. Sistem yang telah dijalankan KAI itu tinggal dipadukan dengan sistem busway dalam moda transportasi Jabodetabek.

Selain integrasi tiket, ia juga mengutarakan harapannya agar pada 2014 mendatang juga terdapat sinkronisasi berbagai rute bus pemandu (feeder) di kawasan Jabodetabek.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan mengutarakan keinginannya mewujudkan transportasi multimoda di seluruh wilayah Indonesia, baik di daerah perkotaan maupun wilayah perdesaan.

“Yang paling penting di Kemenhub adalah mewujudkan platform multimoda yang kuat," kata Bambang Susantono dalam acara diskusi publik bertajuk "Pembangunan Transportasi Perkotaan Massal" di Jakarta, 22 Oktober lalu.

Bambang berpendapat, pada saat ini masih belum terlihat integrasi transportasi multimoda yang kuat karena setiap jenis moda transportasi baik di darat, laut, udara, maupun kereta, cenderung berjalan sendiri-sendiri.

Wamenhub juga menginginkan pembangunan transportasi yang inklusif yang mencakup semua wilayah baik kota maupun desa serta baik sektoral maupun multisektoral.

Apalagi, tahun 2014 bakal menjadi tahun politik, sehingga hal tersebut juga harus menjadi kesempatan guna melakukan perubahan di bidang transportasi massal.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pengamat perkotaan Nirwono Yoga mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus mengintegrasikan tiket monorel dengan moda angkutan transportasi lainnya. Ia menyatakan keyakinannya orang akan tertarik menggunakan transportasi umum dengan tiket terusan untuk semua jurusan. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home